Sambut HUT Bhayangkara, 10 Ribu Benih Ikan Ditebar di Waduk Cacaban

Selain melepas benih ikan, kegiatan tersebut juga dibarengi dengan penanaman 1.000 pohon.

TEGAL – Jajaran Kepolisian Resor Tegal melepaskan puluhan ribu benih ikan di Waduk Cacaban, Kabupaten Tegal, Jumat (28/6/2019). Restocking ini dilakukan, guna menjaga populasi ikan konsumsi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Kapolres Tegal, AKBP Dwi Agus Prianto melepas benih ikan mujahir, gurame dan bila di Waduk Cacaban, Kabupaten Tegal. Foto : metrojateng.com/ adithya

“Wujud kepedulian kita, agar warga yang pencahariannya menggantungkan Waduk Cacaban kesejahteraannya meningkat,” ujar Kapolres Tegal, AKBP Dwi Agus Prianto di sela pelepasan benih.

Dijelaskan dia, selain melepas 10 ribu benih ikan, kegiatan tersebut juga dibarengi dengan penanaman 1.000 pohon. Namun, sebelumnya kegiatan diawali dengan apel dan senam bersama TNI-Polri serta Pengurus Bhayangkari Cabang Tegal, di tepi Waduk Cacaban, Kecamatan Kedungbanteng.

Serangkaian kegiatan tersebut, sambung Kapolres, digelar dalam rangka meyambut HUT ke-73 Bhayangkara tahun 2019 Jajaran Polres Tegal. Kegiatan ini sekaligus untuk mewujudkan konsep tugas sebagai aparatur negara.

“Tantangan ke depan, Indonesia harus mampu berkompetisi dengan tiga ketahanan. Diantaranya, ketahahanan pangan, ketahanan energi dan ketahanan lingkungan,” sebutnya.

Adapun penebaran benih ikan meliputi ikan mujahir, ikan gurame dan ikan nila. Sedangkan bibit pohon yang ditanam di sekitar areal waduk, sebanyak 1.000 jenis. Meliputi jenis pohon lunak, buah-buahan dan pohon keras, seperti pohon jati dan pohon mahoni.

“Kegiatan ini diharapkan juga akan menjaga ekosistem dan keseimbangan alam,” pungkas Dwi.

Kegiatan bertema “Merajut Sinergi TNI-Polri” ini juga dihadiri Komandan Brigif 4/ Dewa Ratna, Kolonel (Inf) Aliatin Mahmudin, Komandan Pangkaan TNI AL Letkol Laut (P) Agus Haryanto, Komandan Satuan Radar 214 Tegal Mayor (Lek) Edi Supartono. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.