Saluran Air Rusak, Gedung FEB Undip Kebanjiran

Kejadian ini membuat banyak motor yang diparkir di pelataran gedung tersebut nyaris ditenggelamkan banjir.

SEMARANGFenomena langka terjadi di kampus Universitas Diponegoro, Tembalang, Semarang, Rabu (27/3/2019)sore. Hujan lebat yang disertai angin kencang telah mengakibatkan Gedung A milik Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) kebanjiran seukuran pinggul orang dewasa.

Area kampus FEB Undip terendam banjir, Rabu (27/3/2019) sore. Foto: metrojateng.com/dok Istimewa

Kejadian ini membuat banyak motor yang diparkir di pelataran gedung tersebut nyaris ditenggelamkan banjir. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala UPT Hubungan Masyarakat, Undip, Nuswantoro saat dikontak metrojateng.com.

“Karena luapan air hujan yang ada di jalan raya tidak bisa tertampung, maka langsung masuk ke bagian bawah yang berada di gedung Fakultas Ekonomi. Tepatnya itu di parkiran Gedung A,” kata Nuswantoro.

Nuswantoro mengatakan gedung A FEB diterjang banjir besar saat jam perkuliahan masih berlangsung. Kejadiannya sekitar pukul 14.30 WIB.

Saat kejadian, para mahasiswa Ekonomi masih ada yang berkuliah untuk jadwal pembelajaran sampai sore hari.

Ia bilang debit air yang sangat besar telah memicu banjir yang pertama kali baru terjadi di FEB. Beredar foto penampakan di lokasi bahwa air banjir berwarna kecokelatan sebagian besar menerjang motor-motor yang terparkir di sana.

“Banjir yang menggenangi parkiran kampus FEB dan jalan di depan FH karena debit air hujan yang sangat besar sore ini,” katanya.

Ia memperkirakan selokan kampus tersebut tersumbat. Sehingga membuat limpahan air dari jalan raya tak dapat ditampung. Selain itu, ia juga menduga saluran airnya kondisinya mengecil.

“Saluran air pembuangan tidak dapat menampung dan kurang lancar akhirnya meluap masuk ke halaman parkir,” jelasnya.

Undip, katanya sedang melakukan upaya-upaya untuk memperbaiki selokan di gedung tersebut. Pihaknya sedang berkoordinasi dengan unit pengelola aset dan gedung untuk menangani masalah tersebut.

“Langkah yang akan dilakukan Undip yaitu kita akan lakukan pembenahan, terutama di saluran air agar lancar,” tutupnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.