Rusunawa Ke-3 Kota Magelang Dibangun di Wates

Ilustrasi

 

MAGELANG –  Pemerintah Kota Magelang akan kembali membangun rusunawa. Setelah sebelumnya berdiri dua rusunawa di kota itu. Rencananya, rumah susun yang baru akan dibangun di Kelurahan Wates, berdekatan dengan Pasar Kebonpolo.

Sekurangnya 60 rumah dalam empat lantai akan ada pada rusunawa baru tersebut. “Kami sediakan lahan seluas 4.500 meter persegi milik Pemkot. Kami sudah ajukan ke pemerintah pusat,” kata Kepala Dinas Perumahan dan pemukiman Kota Magelang, Deddy Eko Sumarwanto.

Pembangunan akan dilaksanakan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sama seperti dua rusunawa sebelumnya yang ada di Kelurahan Potrobangsan dan Tidar Selatan. Spesifikasi rusunawa juga akan ditentukan oleh Kementerian PUPR. Kemungkinan spesifikasi akan berbeda dengan rusunawa yang sudah dibangun sebelumnya.

“Meski beda, tapi kami yakin akan lebih bagus. Kami berharap, para penghuni nanti lebih merasa nyaman,” katanya.

Adanya rencana pembangunan rusunawa baru ini adalah upaya Pemkot Magelang untuk memenuhi target lima rusunawa hingga tahun 2021. Hal itu mengingat tingkat kepadatan penduduk dinilai cukup tinggi. Kota Magelang memiliki jumlah penduduk lebih dari 120 ribu dengan luas wilayah 18,53 kilometer persegi.

“Untuk memenuhi target itu, kami ajukan kembali pembangunan Rusunawa ke Kementerian PUPR. Sebelum pengajuan, pihaknya melihat lokasi pembangunannya dulu. Kalau luas tanah cukup, tidak masalah. Rusunawa, minimal dibangun di atas tanah seluas 3.500 meter persegi,” jelasnya.

Komisi V DPR RI mendukung penuh terhadap rencana dibangunnya rusunawa di Kota Magelang. Rombongan langsung melakukan peninjauan ke lokasi di Wates, Kamis (11/1), bersama dengan Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina.

Rombongan Komisi V dipimpin ketuanya, Fary Djemy Francis. “Kita dukung rencana pembangunan rusunawa ini, karena ada dananya di Kementrian PUPR. Pemkot hanya menyiapkan lahannya saja,” kata Fary didampingi anggota Komisi V asal Dapil Magelang, Sudjadi.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina mengaku, kehadiran para anggota Komisi V DPR RI ini merupakan kehormatan. Tidak lain, karena dapat dipastikan Kota Magelang bakal menerima sejumlah dana segar dari pemerintah pusat. (MJ-24)

 

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

22 + = 31

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.