Rusak, 13.462 Surat Suara di Brebes akan Dibakar

Kerusakan surat suara tersebut ditemukan bervariatif. Mulai dari surat suara yang robek dan berlubang, terdapat noda yang menutupi logo parpol maupun nama caleg

BREBES – Sebanyak 13.462 surat suara pemilu ditemukan rusak di Kabupaten Brebes, Rabu (27/3/2019) siang. Penemuan ini terungkap, setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Brebes melakukan penyortiran dan pelipatan (sorlip) surat suara selama kurang lebih 10 hari sejak 9 Maret 2019 lalu.

Salah satu contoh surat suara Pemilu yang rusak di Kabupaten Brebes, tidak tercetak dan hanya berupa lembaran kertas kosong. Foto : metrojateng.com/ adithya

Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muamar Riza Pahlevi merincikan, untuk surat suara yang rusak masing-masing, surat suara pilpres sebanyak 1.441, surat suara DPD 2.037, surat suara DPR RI sebanyak 3.387, surat suara DPRD Provinsi sebanyak 3.387 dan DPRD Kabupaten sebanyak 3.210 lembar.

Kerusakan surat suara tersebut ditemukan bervariatif. Mulai dari surat suara yang robek dan berlubang, terdapat noda yang menutupi logo parpol maupun nama caleg, salah potong hingga tidak tercetak dan hanya muncul gambar sampul saja.

“Jumlah keseluruhan kerusakan ini merupakan hasil rekap setelah proses sorlip di 16 gudang penyimpanan logistik yang tersebar di tiap kecamatan,” ujar Riza kepada metrojateng.com.

Atas kerusakan ini, pihak KPU mengaku sudah melaporkan ke KPU RI, untuk segera mendapat surat suara pengganti. Adapun setelah proses sorlip dan kekurangan surat suara sudah dikirim, KPU akan melakukan packing.

Yakni memasukkan surat suara ke sampul dan kotak, yang kemudian diberi segel serta diserahkan ke PPK dan KPPS. Sementara surat suara yang rusak, akan dimusnahkan pada hari H min satu pemungutan suara dengan cara dibakar. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.