Runway Bandara Ahmad Yani Berlubang akibat Pilot Tak Disiplin

Metode memutar dengan roda mengunci tidak diperbolehkan. Hal tersebut dapat merusak lapisan landasan.

SEMARANG- Sejumlah fakta mengejutkan muncul tatkala tim operasional Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang mengecek kesiapan sarana dan prasarana setempat.

Petugas memeriksa runway Bandara Ahma Yani Semarang, Jumat (16/11/2018). Foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto

Temuan paling mencolok saat manajemen bandara mendapati banyak lubang yang muncul di lokasi landasan pacu (runway).

“Ini diakibatkan pengguna runway dari pihak maskapai yang tidak disiplin,” ujar Ketua Airline Operators Committe (AOC) Bandara Ahmad Yani, Pujiono, Kamis (15/11/2018).

Ia menyatakan terdapat lubang-lubang kecil yang membahayakan pesawat saat melintas di runway Bandara Ahmad Yani. Terdapat pula goresan di aspal yang ia duga dipicu dari roda pesawat yang diputar secara paksa.

Pihaknya telah meminta para pilot pesawat supaya tidak menggunakan runway lock atau berputar dengan roda terkunci. Karena hal itu membuat runway tergores dan membahayakan keselamatan penerbangan.

“Ini kembali lagi adalah kedisiplinan dari aviliasi pilot sendiri. Memang dari pihak AP I dan kami pihak airline telah mengimbau. AP I juga mengeluarkan surat edaran kepada kru tiap maskapai,” sergahnya.

Ia pun meminta para pilot lebih disiplin dalam mengoperasikan pesawatnya, karena runway menjadi saran vital bagi kelancaran aktivitas penerbangan.

Petugas Air Traffic Control (ATC) Airnav Semarang, Sigit Prasetyo juga menemukan aspal mengelupas di landasan yang disebabkan pesawat memutar di daerah tersebut.
Pihaknya juga menemukan sisa-sisa potongan rumput yang berterbangan di sekitar landasan.

“Metode memutar dengan roda mengunci tidak diperbolehkan. Hal tersebut dapat merusak lapisan landasan,” kata dia. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.