Rumah Asap PTPN IX Gunakan Alat Pemantaun Online Karya Mahaiswa USM

Dengan alat ini memudahkan untuk memantau suhu, sehingga mampu mengontrol kualitas karet.

SEMARANG- Alat sensor susu berbasis online terpasang di Rumah Asap Ngobo, Wringinputih, Bergas, Kabupaten Semarang mlik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX.

Mahasiwa USM memantau suhu dengan alat yang diciptakannya pada Rumah Asap milik PTPN IX di Wringinputih, Bergas, Kabupaten Semarang, Sabtu (6/10/2018). Foto: metrojateng.com/dokumentasi

Bagian Humas PTPN IX, Tri Iswanto mengatakan, alat itu berasal dari mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (USM), Coirul Anwar. Dia menciptakan alat itu setelah merampungkan tugas akhir.

“Rumah asap sendiri sangat tergantung pada suhu pembakaran untuk meningkatkan kualitas karet lembaran asap bergaris atau ribbed smoked sheet,” kata dia, Sabtu (6/10/2018).

Cara kerja alat itu, kata dia, menggunakan sistem Internet of Things (IOT), sehingga suhu selalu dapat terpantau. Proses pengasapan, kata dia, berlangsung selama lima hari dengan rentang suhu yang berbeda-beda untuk setiap harinya.

Proses monitoring, imbuh dia, memerlukan ketelitian dan diharuskan untuk dipantau. Dengan alat ini memudahkan untuk memantau suhu, sehingga mampu mengontrol kualitas karet.

“Selanjutnya akan dilakukan pengkajian sebelum digunakan secara penuh pada proses produksi,” kata Tri. (ade)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.