Rukma: Mendagri Tak Pernah Melarang Kunjungan Kerja

Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi
Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi

SEMARANG – Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi, merupakan pihak yangpaling vokal menolak larangan kunjungan kerja (kunker) ke luar provinsi. Rukma mengaku akan konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri.

Dikatakannya, belum lama ini dirinya bertemu dengan Menteri DalamNegeri Tjahjo Kumolo. Dari pembicaraan secara lisan, ia mendapatinformasi bahwa Tjahjo tidak melarang kunker anggota DPRD Jateng keluar provinsi.

“Beliau justru balik bertanya kepada saya, apa ada larangan sepertiitu dan kemudian menegaskan bahwa tidak ada larangan anggota DPRDJateng kunker ke luar provinsi, kalau untuk kepentingan efisiensiiya,” katanya.

Meski demikian, Rukma mendukung jika kunker anggota DPRD Jateng ke luar daerah dilakukan secara selektif dan efisien untuk penghematananggaran. “Saya akan selektif dalam menyetujui kunker anggota dewan keluar daerah, kalau itu memang dibutuhkan ‘masak’ saya melarangnya,”ujarnya.

Rukma mengaku akan melakukan konsultasi ke Kementerian Dalam Negeridan Kementerian Keuangan kaitannya dengan tupoksi anggota DPRD JawaTengah. Larangan perjalanan dinas ke luar provinsi untuk anggota DPRDJateng tertuang dalam Keputusan Mendagri Nomor 903-4729/2014 tentangevaluasi rancangan perda Jateng tentang APBD tahun 2015 dan rancanganpergub Jateng tentang penjabaran APBD tahun 2015. (byo)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 5 = 2

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.