Ruang Penyimpanan Penuh, Padahal Memori Masih Cukup. Ini Solusinya!

Sumber : gmedia.net.id

PERNAHKAH kamu, ketika mencoba meng install aplikasi di ponsel android mu, kemudian mendapatkan pesan “Insufficient storage atau ruang penyimpanan hampir habis” padahal kamu mengetahui masih memiliki beberapa ratus MB di memori ponselmu?

Well, masalah tersebut merupakan salah satu yang sering ditemui khususnya pada pengguna smartphone Android. Masalah ini umumnya disebut sebagai error pada ketersediaan memori.

Seperti yang diketahui, memori internal perangkat Android tidak pernah sebesar yang terlihat. MIsalkan, pada perangkat dengan penyimpanan 32GB, sangat banyak ruang yang terpakai hanya untuk sistem operasi, aplikasi yang di install, juga ruang yang terbuang karena proses dari OS Android itu sendiri.

Akibatnya, saat kamu mencoba memasang atau memperbarui aplikasi, kamu mungkin akan diberi tahu kalau memori sudah penuh, padahal sisa memori yang kamu miliki masih jauh lebih banyak dibanding dengan ukuran aplikasi yang mau kamu install.

Karena kamu membaca tulisan ini, penulis yakin pasti kamu juga mengalami masalah ini. Jika betul, jangan khawatir, berikut 7 solusi sederhana untuk optimalkan memori HP mu!

 

Solusi 1: Bersihkan Cache

Cache merupakan ruang penyimpanan sementara yang timbul dari aktifitasmu menggunakan aplikasi. Karena bersifat sementara, maka dari itu penting untuk selalu rutin membersihkannya karena akan membebani memori jika menumpuk terlalu lama.

Berikut cara membersihkan Cache:

  1. Buka Pengaturan >> Pilih menu Aplikasi atau Manajer aplikasi
  2. Kemudian semua aplikasi yang kamu install akan terlihat dan berapa banyak ruang penyimpanan yang digunakan.
  3. Ketuk pilihan sort / sortir untuk mengurutkan aplikasi mana yang paling banyak menggunakan penyimpanan.
  4. Ketuk aplikasi kemudian pilih Clear Cache. Cache kemudian akan terhapus untuk mengosongkan beberapa ruang.
  5. Ulangi proses yang sama untuk setiap aplikasi.

Selain itu, Untuk cara yang lebih praktis, Kamu juga dapat menghapus semua file cache secara bersamaan. Caranya dengan mengetuk menu Pengaturan> Penyimpanan> Memori Perangkat. Kemudian ketuk Data cache dan Hapus untuk menghapus semua data cache dari semua aplikasi.

 

Solusi 2: Pindahkan Aplikasi dari memori internal menuju memori eksternal/SD

Cara ini cukup populer digunakan, terlebih hampir semua ponsel Android menyediakan slot tambahan untuk kartu memori eksternal. Memindahkan Aplikasi yang cukup menguras memori-mu.

Cara ini dapat kamu lakukan dengan menyetel pengaturan di HP mu dengan cara:

  1. Pilih menu pengaturan
  2. Ketuk menu Apps / Aplikasi
  3. Daftar aplikasimu akan muncul, lalu ketuk salah satu dan klik menu “move to SD Card atau Pindahkan ke memori SD
  4. Selesai.

Perlu diingat, karena banyak proses dari OS Android yang menggunakan memori internal, maka menjaganya tetap lapang juga bisa membantu agar HP mu tetap lancar alias tidak lemot!

 

Solusi 3: Simpan File Di Memori Eksternal

Tak hanya aplikasi yang sering “memberatkan” HP karena menguras memori, file-file mu yang berukuran besar juga bisa menyita banyak penyimpanan.

Kalau kamu sudah banyak menyimpan foto dan video di penyimpanan internal, solusinya bisa dengan memindahkan seluruhnya menuju SD Card. Jika tak ingin repot terus memindah-mindahkan file, kamu juga dapat mengubah pengaturan lokasi penyimpanan dengan cara :

Buka Pengaturan > Pengaturan Kamera. Kemudian, pilih Lokasi penyimpanan untuk mengubahnya ke kartu SD atau Kartu memori jika jalur penyimpanan default nya di Perangkat.

Otomatis foto-foto selfie dan video liburanmu tidak akan membuat HP mu jadi lemot.

 

Solusi 4: Gunakan Aplikasi Pembersih untuk Mengosongkan Ruang Android

Selain file dan aplikasi, tak bisa kita lupakan juga kalau banyak file sampah yang bisa memenuhi ruang Android. Untuk masalah ini, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa membantumu membersihkan file sampah dan mengoptimalkan perangkat mu.

Beberapa aplikasi yang dapat dicoba yakni MobileGo, CCleaner, dll. Cukup unduh satu dari Google Play Store untuk menghapus beberapa cache, sampah, atau file yang tidak diinginkan.

 

Solusi 5: Pindahkan File ke Komputer atau Harddisk

Selain beberapa cara diatas, salah satu solusi terbaik untuk masalah penyimpanan di HP mu adalah dengan adalah memindahkan beberapa file besar termasuk foto, video, audio, dll. ke komputer. Caranya cukup mudah, yakni dengan menggunakan kabel data ataupun aplikasi pihak ketiga yang bisa memindahkan file tersebut.

Menyimpan file di Komputer atau memori luar HP juga bisa membantu. Jikalau suatu saat file mu hilang, kamu sudah memiliki backup atau cadangan yang telah tersimpan di komputer

 

Solusi 6: Penyimpanan Cloud

Cara terakhir yang bisa kamu coba dan bisa dibilang yang paling efisien, yakni dengan menyimpan file-file mu di “awan” atau memanfaatkan cloud storage. Keunggulan penyimpanan tipe ini adalah kamu tidak perlu membeli memori berbentuk “fisik” yang seringkali menguras kantong terlalu dalam.

Selain itu kamu juga bebas mengakses file di perangkat manapun, dengan akses download dan upload yang super cepat, karena datamu akan aman disimpan pada server berkapasitas besar.

Salah satu penyedia Cloud Storage yang bisa kamu coba yakni dari GMedia dengan keunggulan dapat memilih sendiri sistem yang kamu gunakan (Windows, Linux, dan lainnya) serta kapasitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu!

tertarik untuk menggunakan Cloud? bisa langsung  hubungi kami  dan dapatkan penawaran spesial dari GMedia! (*)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.