Rp 37 M Melayang Akibat Kebakaran Mapolda Jateng

image
Capt, Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol A Liliek Darmanto, menunjukan kawat kabel penyebab kebakaran

SEMARANG – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah memastikan penyebab kebakaran yang melanda gedung dua dan aula di sebabkan karena hubungan arus pendek listrik.

Itu setelah Tim Labfor Bareskrim Polri cabang Semarang melakukan identifikasi terkait penyebab kebakaran tersebut. Dimana hasilnya diketahui penyebab kebakaran disebabkan adanya hubungan pendek arus listrik di salah satu ruang SDM di lantai tiga gedung dua.

“Berdasarkan analisa Labfor pemicu kebakaran disebabkan† kabel instalasi 3 mm x 2,5 mm. Jadi, kabel tersebut dijepit oleh penjepit besi. Karena kabel aus, kulitnya mengelupas dan menyebabkan hubungan arus pendek, ” kata, Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol A Liliek Darmanto, saat menggelar konferensi pers, Senin (5/10).

Dalam kesempatan tersebut, Liliek juga menunjukkan sampel kabel yang terbakar dan menunjukkan foto-foto lokasi kebakaran. Menurutnya, instalasi listrik di gedung dua masih menggunakan instalasi lama sedangkan beban listrik telah bertambah.

“Itu dari†plafon ruangan Rohjas SDM di lantai 3,” imbuhnya.

Selain penyebab kebakaran yang telah diketahui, Polda Jawa Tengah juga sudah†menganalisa jumlah kerugian material akibat insiden tersebut. Kerugian saat ini diperkirakan mencapai†37 miliar rupiah.

Jumlah kerugian tersebut antara lain meliputi kerugian gedung senilai 12,5 miliar rupiah,† aula† 662 juta rupiah, dan mebel† 53 juta rupiah serta barang-barang lainnya.†

“Dari hasil analisa biro Rena, kerugian kurang lebih Rp 37 milyar, diantaranya† Rp 12,5 milyar, aula Rp 662 juta, dan mebel Rp 53 juta. Kira-kira total Rp 37 milyar itu,” katanya.

Selain itu pihaknya mengaku juga akan segera melaporkan jumlah kerugian tersebut ke pemerintah daerah dan pusat. Pembangunan gedung baru juga sudah mulai direncanakan.

“Pembangunan sudah rapat kedua, yang jelas kita harapkan tahun anggaran 2016 dan semoga† ada bantuan dari pemerintah pusat dan Polri,” imbuhnya.

Seperti yang diketahui, kebakaran hebat menghanguskan gedung dua Mapolda Jateng, Rabu (30/9) lalu. Tidak hanya gedung B, aula yang berada di jembatan penghubung dengan gedung utama serta 76 sepeda motor juga ikut terbakar. Akibat insiden tersebut, Lima Satuan Kerja terpaksa dipindahkan ke gedung lain milik Polda Jateng. (Yas)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

23 − = 20

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.