Robovaganza, Mulai Robot Penjinak Api hingga Robot Petinju Bakal Adu Canggih

Berbagai inovasi robot karya mahasiswa Teknik Elektro ini bakal beradu kreatif. Ini sebagai arena untuk menggugah minat anak-anak sekolah menekuni dunia teknologi robotik.

Sulaiman, seorang panitia Robovaganza 2019, memamerkan robot drone yang akan memeriahkan Robovaganza 28 Maret nanti. (istimewa)

 

SEMARANG – Sejumlah robot karya mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Unika Soegijapranata bakal menyemarakan ajang Robovaganza 2019 yang bakal dihelat akhir bulan ini. Para mahasiswa Unika akan menampilkan robot kreasinya dalam acara hiburan setelah lomba selesai.

“Kami mengadakan workshop terlebih dulu. Tahun depan akan diadakan lomba drone. Nanti dalam bentuk expo produk robotik yang dihasilkan mahasiswa Teknik Elektro akan dipajang semua, bersandingan dengan acara lomba itu. Selesai lomba akan ditampilkan robot-robotnya,” kata Sulaiman, seorang panitia Robovaganza 2019, ketika ditemui metrojateng.com, Jumat (22/3/2019).

Robot karya mahasiswa Teknik Elektro mulai robot tinju, robot drone, robot pemadam api sampai robot adu kecepatan. “Untuk ajang track fun game supaya lomba Robovaganza biar tambah ramai. Sistem kontrolnya memakai aplikasi android,” tambahnya.

Ia mengatakan penampilan robot-robot karya mahasiswa Teknik Elektro dimanfaatkan juga untuk menggugah minat anak-anak sekolah untuk menekuni dunia robotik.

Terlebih lagi, pada ajang Robovaganza 28 Maret nanti, panitia acara memastikan ada belasan sampai puluhan tim dari anak sekolah dan kalangan umum yang akan ikut lomba.

Panitia menyediakan hadiah jutaan rupiah bagi dua sampai tiga pemenangnya. Jumlah hadiah uang tunainya sebesar Rp 12,5 juta. Ia menjelaskan kekuatan robot yang dilombakan memakai daya baterai. “Kemungkinan pesertanya masih tambah banyak. Karena sekarang yang mendaftar meningkat signifikan ketimbang tahun lalu,” terangnya.

Robovaganza merupakan ajang tahunan yang digelar oleh para mahasiswa Teknik Elektro Unika. Ini merupakan tahun keempat. Di tahun ini, mereka menggelarnya di Ruangan Thomas Aquinas, Jalan Pawiyatan Luhur, Jatingaleh. (far)

 

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.