Rob Semarang Tinggi, PT KAI Amankan Jalur Kereta

Di daerah sini topografinya rendah. Mulai Gunung Ungaran turun sampai sini.

SEMARANG- PT Kereta Api Indonesia mewaspadai tingginya air limpasan dari laut ke daratan yang berpotensi menggenangi jalur perlintasan kereta saat momentum bulan purnama tiba.

Jajaran PT KAI saat mengecek kehandalan rel kereta di sekitar Tawang Semarang, Kamis (13/12/2018). Foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto

Komisaris PT KAI, Freddy Haris memperkirakan peningkatan air rob bakal terjadi saat 20 Desember 2018 atau ketika awal bulan purnama tiba.

“Kita sedang mengantisipasi ketika tanggal 20 Desember nanti itu tepat bulan purnama. Jadi kemungkinan ada peningkatan rob di lintas pantai utara. Saat ini antisipasinya dilakukan dengan baik,” kata Freddy saat memeriksa lintasan rel KA di jalur Daop 4 Semarang, Kamis (13/12/2018).

Ia menjelaskan dari hasil inspeksi jalur perlintasan, kondisi jalur dari Jakarta sampai Semarang saat ini cukup memadai.

Direktur Operasional PT KAI, Slamet Suseno menjelaskan di sepanjang jalur Daop 4 Semarang, terdapat enam titik yang rawan banjir. Potensi kerawanan muncul di sekitar Stasiun Alastua sampai Jalan Ronggowarsito.

“Di situ biasanya rawan rob. Maka kami sudah siapkan perlengkapan alat material siaga untuk mengatasi banjir dan rob. Selanjutnya di Kalibodri dan dekat Tanjung Emas juga sudah dilakukan antisipasi-antisipasinya,” tambahnya.

Ia menyebut kerawanan banjir cukup besar di Daop 4 mengingat topografinya mulai dari Gunung Ungaran sampai Semarang bagian bawah memiliki kontur tanah yang rendah.

“Di daerah sini kan topografinya rendah. Mulai Gunung Ungaran turun sampai di sini,” bebernya.

Ia pun menyinggung soal persiapan liburan Natal dan Tahun Baru terdapat dua kereta tambahan yang memiliki jurusan dari Stasiun Semarang Tawang, yakni KA Argo Muria dan Sindoro sudah siap dioperasikan untuk memperlancar masa angkutan Natal dan Tahun Baru.

Ia memperkirakan lonjakan penumpang saat Natal dan pergantian tahun akan terjadi 25 Desember 2018 nanti. Ada da 12 kereta tambahan yang melintasi Semarang dengan total ketersediaan tempat duduk sebanyak 44.348 unit. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.