Rob Meninggi, Pemudik Harus Ekstra Waspada Lewati Pantura

SEMARANG – Stasiun Meteorologi Tanjung Emas Semarang meminta kepada semua pemudik di jalur darat maupun laut untuk meningkatkan kewaspadaan saat melewati jalur Pantau Utara Jawa Tengah dalam dua hari nanti. Pasalnya, limpasan air pasang (rob) bakal mengalami peningkatan sekitar 1 meter-1,1 meter mulai 19 Juni sampai 20 Juni besok.

Ancaman air rob diperkirakan masih akan terjadi sampai akhir Juni 2018. Foto: dok metrosemarang.com

Sediyanto, seorang analis cuaca dari Stasiun Meteorologi Tanjung Emas mengatakan, peningkatan air rob bakal muncul di jalur Pantura mulai 11.00-15.00 WIB sore.

“Kami memperkirakan, naiknya air rob akan berdampak terhadap aktivitas kendaraan yang melintasi daerah-daerah Pantura Jawa Tengah mulai ujung Tegal, Pekalongan, Pemalang, Semarang dan Pekalongan. Ketinggiannya mencapai 1 sampai 1,1 meter dan akan surut pukul 19.00 WIB hingga 24.00 WIB malam,” kata Sediyanto, Senin (18/6).

Ia menyebut tingginya air rob dipicu kenaikan gelombang Laut Jawa. Berdasarkan pantauan citra satelit BMKG, ombak Laut Jawa dalam kurun waktu bersamaan akan mencapai 1,25 meter sampai 2,5 meter.

Lebih jauh lagi, ia menuturkan, naiknya air rob selama dua hari harus diwaspadai para pemudik serta masyarakat yang tinggal di tepi Pantura. Sebab, fenomena alam itu akan mengganggu aktivitas mudik maupun balik di kawasan pelabuhan, kegiatan menyemai garam, bongkar muat, perjalanan mudik via jalur darat dan aktivitas perikanan darat.

“Masyarakat diminta selalu waspada dan lebih baik meningkatkan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi dampak tingginya air rob nanti. Ada baiknya untuk rutin memperbaharui informasi perubahan cuaca dari BMKG,” bebernya.

Riyono, Ketua Aliansi Nelayan Indonesia menyebut adanya peningkatan rob di tepi Pantura pasti akan mempengaruhi distribusi ikan ke kantong-kantong pelelangan ikan yang ada di Jawa Tengah.

“Pengaruhnya akan sangat signifikan. Tetapi para nelayan pasti memilih menyetop dan tidak melaut ketimbang membahayakan keselamatan,”. (far)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 31 = 39

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.