Ribuan Warga Tegal Bersihkan Sampah di Pantai Alam Indah

Dengan menggunakan kantong, para peserta memungut berbagai jenis sampah, mulai dari sampah plastik hingga ranting pohon.

TEGAL – Gerakan Indonesia Bersih dan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 diperingati dengan aksi bersih pantai dan laut di pesisir Pantura Jawa Tengah, Minggu (24/2/2019) pagi. Ribuan relawan apel kebersihan, serentak melakukan bersih pantai di sembilan lokasi.

Peserta apel kebersihan memungut sejumlah sampah plastic di Pantai Alam Indah Kota Tegal. Foto : metrojateng.com/ adithya

Di Kota Tegal, aksi bersih laut dilakukan di Pantai Alam Indah atau PAI. Dengan menggunakan kantong, para peserta memungut berbagai jenis sampah, mulai dari sampah plastik hingga ranting pohon. Sebelumnya, para peserta terlebih dahulu mengikuti apel kebersihan di Bumi Perkemahan Tegal.

Aksi ini merupakan ajakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, agar masyarakat terus mengawal kelestarian pantai. Aksi ini penting dilakukan, karena persoalan sampah sudah menjadi dari bagian gaya hidup. Terlebih, pada 2025 mendatang Iindonesia ditargetkan mampu bersih dari sampah.

“Kami targetkan 100 persen sampah di Indonesia dapat tertangani pada tahun 2025 nanti. Dimana 70 persen sampah ditangani dan dikelola, sedangkan sisanya 30 persen dapat dikurangi,” ungkap Hudoyo, Staf Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang Energi.

Menurut Hudoyo, aksi bersih pantai serentak dilaksanakan di Pantai Pesisir Utara dan Selatan. Dimulai dari Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Kabupaten Pemalang, Batang, Kendal dan Jepara. Untuk Pantai Selatan, aksi bersih pantai berlangsung di Kabupaten Kebumen.

Sementara itu, Wali Kota Tegal, H M Nursholeh menyebutkan, selain di pesisir pantai, aksi bersih-bersih juga akan gencar dilakukan di sejumlah tempat keramaian. Pihaknya mengaku, aksi tersebut sudah dilakukan di Kota Bahari sejak tahun 2018 lalu dan kembali dilanjutkan pada awal 2019.

“Bukan hanya di pantai saja, tetapi juga di tempat-tempat keramaian seperti terminal, stasiun dan lain-lain. Kami juga akan mengusulkan anggaran untuk menangani sampah pada 2019 ini,” tutupnya. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.