Ribuan Surat Suara Pilkada Jateng Dikirim ke Tiap Desa Usai Lebaran

SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah menyatakan hampir merampungkan proses pelipatan kertas suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dihelat 27 Juni nanti. Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo menyatakan jumlah kertas suara yang rusak saat ini kurang lebih ada 18 ribu lembar.

Persyaratan Caleg DPD
Ilustrasi

“Itu baru kita dapatkan dari hasil pengecekan di 20 daerah saja. Kemungkinan jumlahnya bisa bertambah. Karena dalam pelipatan pasti ada kertas yang robek, terkena tinta, gambar paslon tidak pas dan masih banyak lagi penyebab kerusakannya,” kata Joko saat dikontak metrosemarang.com, Kamis (7/6).

Ia mengatakan data lengkap verifikasi kertas suara Pilkada termasuk Pilgub baru tuntas pada lusa. Setelah itu, pihaknya akan mengajukan penggantian kertas yang rusak pada rekanan di Jakarta.

Menurutnya suara suara pengganti akan dikirim paling telat pada 14 Juni nanti. “Makanya, kita sedang berpacu dengan waktu. Jangan sampai pelaksanaan coblosan tersendat gara-gara kertas suara penggantinya telat dikirim kepada kita. Kita tagih terus sampai barangnya ada di kantor KPU,” terangnya.

Ia mengungkapkan untuk proses pendistribusian semua kelengkapan logistik Pilkada dan Pilgub akan dikerjakan selepas Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah. Pengiriman dilakukan berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan sampai desa-desa.

Barang-barang logistik yang dimaksud antara lain surat suara, kotak suara, stempel, sampul, segel, hologram, tinta dan formulir yang dibutuhkan untuk pendataan pemilih di tiap TPS. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

5 + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.