Ribuan Siswa SD di Tegal Terima Bantuan Kacamata Gratis

Biasanya sekitar 8-10 persen anak-anak membutuhkan kacamata, namun kebanyakan dari mereka tidak mengetahuinya.

TEGAL – Sebanyak 1.500 kacamata dibagikan secara cuma-cuma kepada siswa-siswi tingkat SD/MI yang memiliki gangguan mata di Kabupaten Tegal, Senin (15/4/2019). Kegiatan sosial ini digagas Tim Penggerak (TP) PKK yang bekerja sama dengan Yayasan Bina Bangsa Jakarta.

Seorang siswi SD di Kabupaten Tegal menjalani pemeriksaan mata di Gedung PKK setempat, guna menerima bantuan kacamata gratis. Foto : metrojateng.com/ adithya

Ketua TP PKK Kabupaten Tegal, Sisca Zulistia mengatakan, bantuan kacamata gratis tersebut merupakan bentuk kepedulian dari sejumlah donatur yang dikoordinir oleh TP PKK.

Sisca mengaku, pihaknya telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, untuk mendata siswa SD/MI yang mengalami gangguan mata untuk diperiksa kesehatan matanya di Puskesmas. Selanjutnya, data dari Puskesmas didata ulang kembali, untuk kemudian dikelompokkan per-kecamatan.

“Dari data yang masuk tersebut, kita serahkan kepada Yayasan Bina Bangsa Jakarta. Alhamdulillah, hari ini di Gedung PKK para adik-adik bisa menjalani pemeriksaan,” jelasnya kepada metrojateng.com.

Lebih lanjut Sisca menjelaskan bahwa ke depannya program ini akan ditingkatkan tidak hanya untuk siswa SD/MI saja namun untuk tingkatan di atasnya seperti SMP/ MTs dan SMA/ SMK/ MA sederajat.

Dalam kesempat tersebut, Ketua Yayasan Bina Bangsa, dr Nizar Shihab mengemukakan bahwa biasanya sekitar 8-10 persen anak-anak membutuhkan kacamata, namun kebanyakan dari mereka tidak mengetahuinya. Jadi jika ada penyerahan 1.500 kacamata gratis seharusnya ada 15.000 anak yang diperiksa matanya.

Nizar menyampaikan, setelah anak-anak diperiksa di Puskesmas maka dilakukan pemeriksaan ulang. Pemeriksaan ulang dilakukan karena kacamata yang diberikan langsung disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anak.

“Misalnya ada yang -5.0 untuk mata sebelah kanan dan -2.0 untuk kiri dan sebagainya” jelasnya.

Salah seorang siswi, Khasanatun Nisa, mengaku senang mendapatkan kacamata ini. Karena dia bisa melihat dengan jelas ketika membaca buku pelajaran. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.