Ribuan Relawan Hijaukan Lereng Merapi

image

MAGELANG – Kawasan blok Gentong di Jurang Jero lereng Gunung Merapi kabupaten Magelang yang pernah hangus terbakar pada musim kemarau tahun 2015 lalu, dihijaukan kembali. Sebanyak 3.500 bibit pohon ditanam oleh ribuan relawan, Selasa (19/1).
Koordinator Komunitas Relawan Merapi-Merbabu Hijau (FMMH) Jatmiko mengatakan Blok Gentong dipilih karena menjadi kawasan yang terbakar pada musim kemarau 2015. “Kita ingin mengembalikan lagi kawasan hutan yang dulu hijau namun musnah terbakar,” kata Jatmiko.
Komunitas relawan yang berpartisipasi adalah Linang Sayang, Tagar, Sardot, Brigana Blongkeng, KSB, Guruh Merapi, JME, Peduli Merapi, SAR, Kompag Merapi, Magelang Peduli Lingkungan (MPL), dan lainnya. Penanaman bertema Gerakan Merapi Hijau 3 ini pertama digelar di tahun 2016.
Sebelumnya, FMMH bersama para relawan sudah menggelar Gerakan Merapi Hijau 1 dan 2 di bulan Desember 2015. Kelompok ini berhasil menghijaukan sebagian hutan yang terbakar musim kemarau lalu.
Relawan menanam banyak pohon yang cocok dengan kondisi lingkungan Merapi yang relatif ekstrim. Hal ini dimaksudkan agar tanaman bisa bisa tumbuh dengan baik.
Beberapa jenis tanaman yang ditanam antara lain tanaman puspa (achima walichii), salam (ayzygium polyanthum), bambu apus (gigantochloa apus), bambu petung (dendrocalamus asper), aren (arenga pinnata), berasan (tarennoidea wallichii), kluwak (pangium edule), tesek (dodonaea viscosa) dan lainnya.
Dengan penanaman ribuan pohon ini imbuh Jatmiko, dirinya berharap bisa mengembalikan Merapi sebagai resapan air sehingga tidak ada lagi mata air yang mati.
Sedangkan Koordinator Magelang Peduli Lingkungan (MPL) Kabupaten Magelang Atin Nurhayati mengaku pihaknya ikut mengerahkan relawan karena tersentuh dengan kegiatan para relawan Merapi. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

44 − = 43

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.