Ribuan Botol Miras Digilas Jogjig

KENDAL – Ratusan liter minuman keras oplosan dan ribuan botol minuman keras dari berbagai merk dimusnahkan jajaran Polres Kendal, Jumat (21/12/2018). Minuman keras ini hasil operasi di sejumlah tempat untuk menekan angka kriminalitas menjelang Hari Natal dan Tahun Baru.

Pemusnahan miras di Kabupaten Kendal, Jumat (21/12/2018). Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Dengan menggunakan alat penggilas,  150 liter miras oplosan dan 3.657 botol miras dimusnahkan sebagai bentuk komitmen jajaran kepolisian untuk memberantas peredaran miras di wilayah Kabupaten Kendal. Miras oplosan dan miras pabrikan ini diamankan dari sejumlah warung remang-remang dan kios jamu.

Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita mengatakan, miras ini diamankan dari setelah lebaran hingga akhir tahun. “Operasi terhadap peredaran minuman keras ini tidak hanya berhenti menjelang Natal dan Tahun Baru, namun akan terus dilakukan hingga benar-benar miras tidak lagi beredar di Kabupaten Kendal,” katanya.

Di Banyumas

Kegiatan serupa juga dilakukan jajaran Polres Banyumas. Sebanyak 3.648 minuman beralkohol dimusnahkan usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2018, di depan Pendopo Si Panji, Purwokerto, Jumat (21/12/2018).

Ribuan botol miras hasil operasi pekat di Banyumas digilas menggunakan jogjig. Foto: metrojateng.com

Ribuan minuman beralkohol tersebut, di antaranya 2.725 botol berbagai merk, ciu sebanyak 319 liter, dan tuak sebanyak 604 liter.

Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun mengatakan, minuman beralkohol yang dimusnahkan merupakan hasil penindakan selama bulan Desember. “Ini hasil operasi selama sebulan terakhir,” katanya.

Dikatakan, penindakan operasi dan pemusnahan minuman beralkohol ditujukan untuk meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, yang dapat timbul dari minuman beralkohol, saat menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru.

Menurut dia, pemusnahan minuman beralkohol tersebut merupakan wujud nyata guna menguatkan komitmen bersama untuk berjuang memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap minuman beralkohol. (MJ-01/MJ-27)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.