REI Desak Pemerintah Percepat Pembangunan Akses Jalan ke Permukiman

Perkembangan industri, pendidikan dan lainnya mendorong pertumbuhan hunian baru dan berdampak pada semakin padatnya jalan

SEMARANG – DPD REI Jawa Tengah mendesak Pemerintah Kota Semarang agar mempercepat pembangunan akses jalan ke permukiman masyarakat. Upaya ini untuk mengatasi kemacetan yang kini sudah terjadi, khususnya di wilayah pinggiran kota.

Kemacetan di Jalan Pemuda Semarang. REI Jateng mendesak pemerintah agar secepatnya membenahi akses jalan yang menuju ke permukiman. Foto: metrojateng.com/dok

Ketua DPD REI Jateng, MR Prijanto mengatakan, kemacetan yang terjadi di sejumlah wilayah di Semarang perlu segera diatasi oleh pemerintah agar akses pengguna jalan atau masyarakat lancar saat menuju tempat tinggalnya.

“Kami ingin masalah kemacetan ini menjadi perhatian khusus pemerintah, karena sekarang mobilitas warga tidak hanya di tengah kota tapi juga dari pinggiran kota ke pusat kota atau sebaliknya semakin tinggi,” tuturnya, Jumat (5/4/2019).

Diketahui, sejumlah wilayah yang kini rawan kemacetan antara lain di Gombel, Banyumanik, Pedurungan, Ngaliyan, Mangkang, dan masih banyak lagi.

“Permasalahan kemacetan ini dapat diatasi dengan percepatan pembangunan sarana jalan dan pengaturan traffic light atau lampu lalu lintas,” tuturnya.

Adanya perkembangan industri, pendidikan dan lainnya akan mendorong pertumbuhan hunian baru dan berdampak pada semakin padatnya jalan, sehingga harus diikuti pembangunan sarana jalan yang layak.

“Kami mengusulkan perhatian pemerintah bisa difokuskan ke titik kemacetan di beberapa lokasi, seperti ke arah permukiman di pinggiran kota,” kata Prijanto.

Sementara itu, selain perhatian ke akses jalan REI juga mendesak terkait rencana tata ruang wilayah kota untuk segera disahkan. Hal itu agar pengembang punya payung hukum dalam menggarap lahannya. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.