Real Count Pilgub Jateng Ditarget Muncul Dini Hari Nanti

SEMARANG – Proses real count dari KPU untuk bursa Pilgub Jawa Tengah bakal dimulai pukul 24.00 WIB dini hari nanti. Ketua KPU Jateng Joko Purnomo menuturkan sampai selepas Maghrib belum ditemukan hambatan untuk menggelar real count.

pilgub jateng
Para PPS dari sekitar kota sedang melaporkan hasil perolehan suara dari TPS masing-masing di Kantor KPU Kota Semarang. (foto: metrosemarang/Masrukhin Abduh)

“Pukul 24.00 itu target ya, tapi jika tidak memungkinkan, bisa besok pagi. Tapi optimistis setidaknya bisa 90 persen meski ada kendala,” katanya.

Ia memperkirakan rintangan terbesar yakni karena faktor cuaca. Sementara untuk wilayah yang menyeberangi sungai juga menunggu arus air, jika aman baru boleh melewati. “Mungkin seperti Karimunjawa, karena kalau menyeberang harus izin syahbandar,” terangnya.

Usai hitung resmi Pilgub tuntas, ujarnya, KPU kemudian melakukan penetapan hasil Pilgub pada 9 Juli 2018. Setelah itu disusul penetapan pasangan calon pada 12 Juli 2018. “Dengan catatan tidak ada gugatan ke MK, kalau ada gugatan maka penetapan tiga hari setelah ada putusan MK,” paparnya.

Pihaknya sudah bekerjasama dengan provider untuk memperbesar jaringan untuk pengiriman berkas surat suara. Setidaknya ada 63 ribu berkas. “Traffic pasti tinggi dan padat. Jadi kita antisipasi dengan memerbesar kuotanya,” tandasnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

25 + = 34

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.