Ratusan Pohon Ditanam di Vegetasi Hutan Perdu Pasca Kebakaran

Ada luasan 106 hektar di Brebes dan 208 hektar di Tegal yang terbakar kemarin.

TEGAL – Ratusan pohon dari berbagai jenis ditanam di wilayah Kabupaten Tegal dan Brebes yang terdampak kebakaran hutan, Jumat (15/11). Tak hanya itu, untuk mengambalikan fungsi vegetasi hutan perdu, ribuan hektar lahan akan ditanam sejuta pohon.

Ratusan pohon dari berbagai jenis ditanam di Desa Rembul, Guci, Kabupaten Tegal. Foto : metrojateng.com/ adithya

“Sedikitnya ada luasan 106 hektar di Brebes dan 208 hektar di Tegal yang terbakar kemarin. Sebagian besar tanamannya mudah terbakar dan jenis perdu,” terang Administratur KPH Pekalongan Barat, Ir Gunawan Catur usai menanam pohon di OW Guci.

Adapun pohon yang ditanam terdiri dari 400 batang pohon pinus, 50 batang ecaliptus, 75 batang sengon buto, 50 batang pohon nangka dan 50 batang pohon cengkeh. Rencananya, Menteri Kehutanan RI akan melakukan kunjungan kerja pada Sabtu (16/11/2019) siang di Kabupaten Tegal.

Dijelaskan Gunawan, kerugian secara finansial dari insiden kebakaran di dua wilayah tersebut diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Sebab, saat ini pihaknya berencana menggandeng sejumlah instansi guna melakukan gerakan penanaman kembali.

Sementara itu, Kepala BP DAS Pemali Jratun Provinsi Jawa Tengah, Rochimah Nugrahini mengatakan, perlu keterpaduan semua pihak untuk melakukan rehabilitasi hutan dan lahan. Terutama di kawasan hutan lindung di sungai untuk menyehatkan Daerah Aliran Sungai (DAS).

“Karenanya, kita melakukan penanaman. Setelah melakukan penanaman, langkah selanjutnya yakni mengamankan tanaman,” tandasnya.

Menurutnya, lokasi-lokasi yang menjadi prioritas untuk penanaman yakni yang pernah mengalami kebakaran. Baik menggunakan menggunakan pola RHL atau penanaman bersama. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.