Ratusan Petani Grudug Gubernuran, Minta Ganjar Lakukan Ini

700 petani berunjuk rasa untuk menagih janji pemerintah mengesahkan RUU Pertembakauan.
?

GUBERNURAN – Ratusan petani dari berbagai daerah di Jawa Tengah menggeruduk kantor Gubernur Ganjar Pranowo di Jalan Pahlawan, Senin (9/1), untuk menagih janji pemerintah mengesahkan RUU Pertembakauan.

Para petani itu datang dari daerahnya masing-masing dengan naik truk. Setibanya di kantor Ganjar pukul 10.00 WIB pagi, mereka membawa sejumlah spanduk tuntutan lalu merangsek ke depan kantor gubernur. 

Ada 700 petani yang ikut berunjuk rasa hari ini, termasuk Wisnu N Brata, Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Jateng.

Wisnu mendesak pemerintah Indonesia secepatnya menggetok pengesahan RUU Pertengkaran yang kini sudah masuk tahap Prolegnas.

“Karena kami menilai undang-undang itu berpihak pada kesejahteraan petani tembakau,” ungkap Wisnu ditengah kerumunan massa petani tembakau.

Tak cukup sampai disitu, ia juga meminta pemerintah lekas menyetop transaksi impor tembakau dari luar negeri. Sebab, transaksi impor tembakau kini telah menembus angka 150 ribu ton setahun atau mencapai 60 persen dari total konsumsi tembakau yang beredar di pasaran.

Makanya, ia pun berharap Ganjar bersedia melobi para legislator Senayan agar RUU Pertembakauan disahkan pada tahun ini.

“Kami selama ini rugi besar (dengan keberadaan tembakau impor). Dengan masa panen yang tidak menentu kami malah ditekan dengan keberadaan tembakau impor dari negara lain,” sahut Rachim, seorang petani yang berunjuk rasa di depan kantor Ganjar. 

Saat ini, petani tembakau masih berunjuk rasa dengan diiringi tetabuhan angklung dan lainnya. Mereka mengancam akan mengherankan massa lebih besar bila tuntutannya tak dikabulkan. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 20 = 25

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.