Ratusan Pemudik dari Kumai Tiba di Pelabuhan Tanjung Kendal

?

KENDAL – Ratusan pemudik dari Kumai Kalimantan Tengah Rabu (21/06) petang tiba di Tanjung Kendal. Pemudik ini menggunakan KMP Kalibodri dan sebagian dijemput saudaranya dan sebagian lagi meneruskan perjalanan menuju kampung halamannya masing-masing. Pemudik tersebut diangkut menggunakan bus yang sudah dipersiapkan sesuai dengan daerah tujuan masing-masing. 

Kepala Dinas Perhubungan Kendal, Moh Toha, mengatakan, pemudik yang datang pada Rabu sore merupakan gelombang kedua dengan membawa 738 penumpang yang terdiri atas 620 dewasa dan 118 anak-anak. Selain itu KMP Kalibodri juga membawa satu truk besar, satu truk sedang, dua unit mobil, dan tiga sepeda motor.

”Sebelumnya penumpang KMP Kalibodri dari Pelabuhan Penyeberangan Kumai, Kalimantan Tengah dengan tujuan berbagai daerah di Pulau Jawa tiba di Kendal pada Minggu 18 Juni 2017 pukul 19.30 dengan membawa 395 pemudik, tiga truk besar, lima mobil, dan satu sepeda motor,” kata dia. 

Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan Kendal, Andi Rahmat, menambahkan, puncak arus mudik melalui Pelabuhan Tanjung Kendal diperkirakan terjadi pada Sabtu 24 Juni mendatang atau bersamaan dengan malam Lebaran. Sebab, informasi yang ia terima, sekitar 600 calon penumpang sudah menunggu di Pelabuhan Penyeberangan Kumai, Kalimantan Tengah.

Dirinya memprediksi KMP Kalibodri akan tiba di Pelabuhan Tanjung Kendal di Kecamatan Kaliwungu pada Sabtu sore. ”Kapal dari Kendal menuju Kumai berangkat Kamis 22 Juni 2017 dengan membawa sejumlah penumpang dan beberapa kendaraan,” tuturnya. 

Dikatakan, Dinas Perhubungan juga bekerja sama dengan perusahaan bus Damri untuk membantu mengangkut pemudik dari Pelabuhan Tanjung Kendal menuju kampung halaman mereka masing-masing. Mereka menyiapkan bus sesuai dengan kebutuhan pemudik. Jenis bus yang disiapkan dengan kapasitas 54 kursi dan 26 kursi.

Sebab, hingga kemarin, belum terdapat trayek dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Kendal. Padahal jarak pelabuhan dengan jalur utama Jalan Arteri Lingkar Kaliwungu sepanjang 4,2 kilometer. Tarif angkutan juga disesuaikan dengan jauh dekatnya tujuan. Misalkan Kudus tarifnya Rp 85 ribu, Pekalongan Rp 80 ribu, Pati Rp 120 ribu, Wonosobo Rp 125 ribu dan Purwokerto Rp 175 ribu. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 88 = 90

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.