Ratusan Jemaah YKI Magelang Gelar Salat Idul Adha Hari Ini

Karena didasarkan pada penentuan awal kalender Hijriyah, di sana didasarkan 1 Dzulhijah Saudi pada Ahad lalu

MAGELANG – Ratusan jemaah Yayasan Kesejahteraan Islam (YKI) Kota Magelang melaksanakan Salat Idul Adha pada hari ini, Selasa (21/8/2018). Pelaksanaan salat ini lebih cepat sehari dari penanggalan pemerintah dan dipusatkan di halaman Rumah Sakit Islam (RSI) Sanden Kota Magelang.

Jemaah YKI Magelang melaksanakan Salat Idul Adha pada Selasa (21/8/2018). Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

Bertindak sebagai khatib dan imam, Ustaz Solichin yang merupakan Ketua Yayasan Kesejahteraan Islam. Sejak pagi umat Islam sudah memenuhi halaman RSI Sanden.

Solichin menjelaskan, YKI melaksanakan salat hari ini, karena mereka berpedoman pada hadis Nabi Muhammad SAW bahwa salat Idul Adha dapat dilaksanakan setelah para jemaah haji selesai melakukan prosesi Wukuf di Padang Arafah yang dilakukan pada 9 Dzulhijah.

Ia mengatakan, para jemaah haji yang sedang menjalankan rukun Islam kelima di Tanah Suci, telah melaksanakan Wukuf di Padang Arafah, kemarin waktu Arab.

“Kita masih menjumpai waktu, karena selisih waktu hanya 4 jam, sehingga kita memutuskan waktu untuk melaksanakan Salat Ied hari ini. Kemarin kita sudah melaksanakan puasa Arafah,” terang Solichin.

Ia menambahkan bahwa bagi umat Islam yang melaksanakan salat Ied esok hari, Rabu (22/8) tidak masalah. Sebab hal itu merupakan permasalahan Fiqih. “Permasalahan Fiqih tidak mengubah aqidah kita, tetap Islam,” terangnya.

Karena didasarkan pada penentuan awal kalender Hijriyah, di sana didasarkan 1 Dzulhijah Saudi pada Ahad lalu, sedangkan pemerintah Indonesia Senin lalu. Sehingga ini yang mempengaruhi ketika didasari pada hari, maka kembalinya pada yaumutasiq.

Solichin menambahkan, untuk penyembelihan hewan kurban tetap akan dilaksanakan besok karena bertepatan dengan libur nasional. “Kalau hari ini, tidak ada tenaga karena banyak yang masuk kerja. Sedangkan kita butuh banyak tenaga untuk menyembelih maupun memotong hewan kurban,” terangnya.

Untuk tahun ini, YKI menyembelih 4 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Daging kurban nantinya akan dibagikan kepada masyarakat di lingkungan sekitar RSI. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.