Rakernas Apeksi, 98 Wali Kota Bakal Saksikan Semarang Night Carnival

Dewan Berharap Ada Multiplier Effect

Diperkirakan 98 wali kota dari seluruh Indonesia sudah hadir di Kota Semarang.

SEMARANG – Kota Semarang pada Rabu 3-5 Juli 2019, menjadi tuan rumah kegiatan akbar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke XIV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi ). Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang mengharapkan kegiatan tersebut memiliki multiplier effect, terutama memberikan banyak hal menguntungkan baik bagi Kota Semarang maupun seluruh anggota Apeksi.

Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi mengatakan, misalnya okupansi hotel di Kota Semarang akan meningkat karena banyaknya peserta Rakernas Apeksi yang hadir.

“Selain itu, tentunya mereka akan mencari aneka macam kuliner khas Kota Semarang, dan tentu akan berpengaruh juga pada tingkat kunjungan wisatawan di Kota Semarang,” katanya, Selasa (2/6/2019).

Supriyadi mengungkapkan, selama mengikuti kegiatan, tentunya para peserta dari seluruh Indonesia itu juga akan mencari destinasi yang ingin dikunjungi, dengan adanya salah satu kegiatan yaitu  city tour. Ia berharap, ketika mereka merasakan keindahan wisata dan enaknya kuliner di Kota Semarang, maka akan bercerita kepada orang lain dan warganya di daerah masing-masing untuk berkunjung ke Semarang.

“Jadi, harapannya penyelenggaraan Apeksi ini bisa menimbulkan dampak yang lebih menasional. Sebagai ajang koordinasi pimpinan daerah dan sekaligus bisa bermanfaat dan menguntungkan daerah-daerah anggota Apeksi,” ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, acara ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang ceremonial semata yang menghabiskan uang. Tetapi juga berdampak multiplier effect bagi perekonomian dan saling menguntungkan bagi daerah masing-masing.

“Bisa terwujud kerjasama antar daerah, misalnya tata cara pengelolaan wisata Kota Lama Semarang, kuliner dan lainnya. Sehingga setelah selesai kegiatan, bisa menghasilkan sesuatu yang bisa dikembangkan di daerahnya masing-masing,” terangnya.

Sementara itu,  Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, bahwa Pemkot Semarang sudah menyiapkan rangkaian kegiatan Rakernas Apeksi yang akan dimulai Selasa (2/6/2019) malam dengan acara welcome dinner. Diperkirakan 98 wali kota seluruh Indonesia sudah hadir.

‘Dan besok Rabu (3/6/2019) acara akan dibuka pukul 09.00 WIB, tapi pembukaannya akan dilaksanakan pukul 14.00 WIB oleh Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Setelah pembukaan acara tersebut, peserta akan diajak mengunjungi gelaran Indonesia City Expo yang akan berlangsung di Simpang Lima. “Sambil persiapan nanti pukul 18.00 bergeser ke Jalan Pemuda untuk bersama-sama menyaksikan Semarang Night Carnival (SNC),” kata pria yang akrab disapa Hendi. (duh)

 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.