Puting Beliung di Windusari, 16 Rumah Rusak

Sebanyak 8 rumah rusak di Dusun Tinjumoyo. Sedangkan 8 rumah rusak lain di Dusun Pringapus Desa Candisari.

MAGELANG – Bencana tanah longsor dan angin kencang kembali melanda wilayah Kabupaten Magelang. Sebanyak 16 rumah rusak akibat angin kencang, sedangkan tanah longsor menutup akses jalan antar desa.

Angin puting beliung yang terjadi di Windusari Kabupaten Magelang mengakibatkan 16 rumah rusak. Foto: metrojateng.com/dok BPBD Kabupaten Magelang

Bencana kali ini terjadi di Dusun Kemloko 3 Desa Kenalan Kecamatan Borobudur dan Dusun Tinjumoyo Desa Umbulsari dan Dusun Pringapus Desa Candisari Kecamatan Windusari.

“Tanah longsor juga mengancam 2 rumah penduduk,” terang Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Susanto, Senin (21/1/2019).

Ia menjelaskan, tanah longsor di Desa Kenalan terjadi pada Minggu (20/1) pukul 16.00. Sebelumnya, lokasi itu diguyur hujan dengan intensitas lebat. Akibatnya tebing setinggi 14 meter dan panjang 15 meter longsor.

Edi menjelaskan, dua rumah yang terancam longsor milik Sarkowi (48) dan Nur Kemad (50). Sebelumnya, pada 25 Desember 2018 lalu, sudah terjadi longsor di titik yang sama dan mengakibatkan terputusnya akses jalan Desa Kenalan-Majaksingi.

Sementara itu, angin kencang yang melanda Windusari terjadi pada Senin siang sekitar pukul 14.40. Sebanyak 8 rumah rusak di Dusun Tinjumoyo. Sedangkan 8 rumah rusak lain di Dusun Pringapus Desa Candisari.

Edi mengungkapkan, BPBD segera melakukan penanganan bersama dengan TNI, Polri, FPRB Lembing serta masyarakat. “Kami juga mengirim logistik untuk kerja bakti warga,” katanya. (MJ-24)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.