Pupuk Rasa Nasionalisme, RT/RW Digembleng Wawasan Kebangsaan

Diharapkan RT/RW usai pembinaan ini nantinya juga bertugas untuk memberikan wawasan kebangsaan kepada masyarakat.

KENDAL – Memupuk kembali rasa kebangsaan dan nasionalisme yang mulai terkikis, Pemerintah Kabupaten Kendal menggembleng lebih dari 360 ketua RT/RW se-Kecamatan Cepiring Jumat (15/11/2019). Bertempat di Balai Desa Sidomulyo, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal, ketua RT/RW ini diharapkan bisa menjadi agen kebangsaan di setiap wilayahnya.

Bupati Kendal Mirna Annisa memberikan wawasan kebangsaan kepada 360 ketua RT/RW se-Kecamatan Cepiring Jumat (15/11/2019). Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Kepala Kesbangpol Kendal, Marwoto mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kecintaan RT/RW di Kabupaten Kendal kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Diharapkan RT/RW usai pembinaan ini nantinya juga bertugas untuk memberikan wawasan kebangsaan kepada masyarakat, agar lebih meningkatkan rasa nasionalisme terhadap NKRI, karena RT/RW merupakan garda terdepan bagi masyarakat,” tutur Marwoto.

Bupati Kendal Mirna Annisa yang memberikan arahan lebih banyak berdialog dengan warga dan ketua RT/RW. Dalam dialog yang berjalan santai ini Sutrisno selaku Ketua RT dari Desa Cepiring menyampaikan terkait kesejahteraan RT/RW di Kecamatan Cepiring.

Hal lain yang mencuat dalam dialog tersebut tentang pembinaan karakter kebangsaan tidak hanya kepada Ketua RT/RW saja, namun juga kepada sekolah yang ada di Kabupaten Kendal. Ada juga yang menanyakan keberadaan Dana Desa harus bisa memberdayakan warga masyarakat desa.

Untuk pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Kendal juga menjadi sorotan warga selain program penerangan jalan untuk desa-desa di Kabupaten Kendal. Menanggapi berbagai keluhan dari masyarakat, Bupati Mirna menyampaikan bahwa keberadaan Dana Desa sudah ada acuannya dari pusat.

Namun pemerintah daerah menyampaikan juga untuk melibatkan para RT/RW untuk ikut serta mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). “Saya meminta kepada para Kepala Desa agar lebih memaksimalkan pengelolaan Bumdes, dan harus melibatkan RT/RW, serta para ibu-ibu rumah tangga, sehingga keberadaan Dana Desa melalui Bumdes dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat desa,” jelasnya.

Terkait dengan kesejahteraan RT/RW di Kecamatan Cepiring, Bupati Kendal Mirna Annisa mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten kendal sudah mengajukan anggarannya kepada DPRD Kendal yang mana nilainya setara dengan UMK Kendal untuk pertahunnya.

“Kalau Infrakstruktur jalan di Kabupaten Kendal, pembangunan jalan tinggal 10 persen lagi, yang akan selesai pada tahun 2020. Sedangkan untuk Pembinaan Karakter Kebangsaan kepada sekolah-sekolah di Kabupaten Kendal pada pelajaran muatan lokal akan dilakukan Kodim 0715 Kendal tahun 2020 mendatang,” iimbuhnya.

Terkait penerangan jalan, Bupati Mirna menjelaskan, setiap desa rata-rata akan mendapatkan 20 titik yang mana pada titik lokasi tersebut mengutamakan jalan untuk umum yang masih belum ada penerangannya, dan pada jalan umum yang menuju ke arah pemakaman. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.