Puncak Imlek, Sam Poo Kong Tembus 10 Ribu Pengunjung

Pertunjukan reog di Klenteng Sam Poo Kong Semarang. (foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto)

 

SEMARANG – Setidaknya 10.000 wisatawan menjejali Klenteng Sam Poo Kong untuk menikmati musim liburan panjang menyambut perayaan Tahun Baru China 2569, pada hari ini, Jumat (16/2). Mulyadi Setia Kusuma, Pengurus Yayasan Sam Poo Kong mengatakan kunjungan wisatawan mulai terlihat sejak dua hari terakhir dan akan berlanjut sampai besok pagi.

“Jumlah kunjungannya ada 10 ribu lebih, atau naik 10 kali lipat ketimbang hari normal yang rata-rata cuma berkisar 500-800 orang saban hari,” kata Mulyadi kepada metrosemarang.com.

Ia menuturkan musim liburan panjang punya dampak signifikan untuk mengerek jumlah pengunjung di Sam Poo Kong. Ribuan wisatawan itu berasal dari berbagai daerah mulai Surabaya, Jakarta, Bandung, Solo, Yogyakarta sampai luar Pulau Jawa.

Capaian pengunjungnya diluar ekspektasinya mengingat nuansa Imlek tahun ini cukup semarak dari tahun lalu. “Lebih ramai tahun ini. Makanya, kami menyiapkan empat sesi atraksi barongsai dan liong, pertunjukan reog, berbagai live musik dan event-event lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, pengunjung juga diperbolehkan berdoa di depan altar Sam Poo Kong sekaligus melihat dari dekat peninggalan Laksamana Cheng Ho yang tersimpan dibawah klenteng.

“Silahkan berdoa, berwisata maupun sekedar berswafoto dibawah patung Cheng Ho,” terangnya.

Anandita Renaldi, Manager Operasional Sam Poo Kong menyebut gelaran acara menyambut Imlek berlangsung sampai Minggu nanti.

Ia menjelaskan gaung Imlek cukup semarak sehingga dirinya mengundang para pejaba di lingkungan Pemprov Jateng, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Pangdam IV Diponegoro, Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi untuk menghadiri pembukaan Imlek tadi pagi.

Tema acara yang diangkat tahun ini adalah Pesta Rakyat untuk Kebersamaan. Untuk itulah, ia menampilkan para seniman lokal dalam setiap sesi pertunjukan tarian napak buto, angklung dan reog. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

66 − = 63

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.