Puluhan Pelajar Solo Unjuk Gigi di Festival Dalang Cilik

Festival tersebut dibagi menjadi dua, yakni kelompok A untuk kelas 1 hingga 3 SD dan kelompok B untuk kelas 1-6 SD.

SOLO – Sebanyak 21 pelajar sekolah dasar unjuk gigi dalam kegiatan Festival Dalang Cilik 2019. Kegiatan yang digelar di Pendhapi Gedhe Solo tersebut bertujuan untuk melakukan regenerasi seniman wayang.

Penampilan dalang cilik di Pendhapi Gedhe Solo, Rabu (27/3/2019). Foto: metrojateng.com

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Solo, Kinkin Sutanul Hakim mengatakan, festival tersebut dibagi menjadi dua, yakni kelompok A untuk kelas 1 hingga 3 SD dan kelompok B untuk kelas 1-6 SD.

“Kegiatan festival dalang cilik ini sebagai wujud Solo sebagai kota budaya yang maju dan sejahtera, sekaligus untuk meregenerasi pemain dalang di Solo yang saat ini sudah tua-tua,” ujarnya di sela-sela acara, Rabu (27/3/2019).

Salah seorang peserta Yusuf Rapdhamulya (8) mengaku senang bisa mengikuti festival dalang yang baru pertama kali dia ikuti. “Latihannya sudah dari beberapa bulan lalu, saya ikut sanggar,” tutur bocah pengidola Ki Manteb Soedharsono tersebut.

Para dalang cilik akan memperebutkan trofi, piagam dan uang pembinaan dari Pemkot Solo. Juara dalang cilik juga akan ditampilkan dalam kegiatan gelar budaya wayang kulit semalam suntuk. (MJ-25)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.