Pulau Menjangan Besar Dikosongkan, Wisatawan Dilarang Masuk

Pulau Menjangan Besar menjadi salah satu dari 27 pulau yang kerap dikunjungi wisatawan di Kepulauan Karimunjawa. Kini, Pulau Menjangan Besar resmi ditutup.

Peringatan wisatawan dilarang masuk di wilayah Pulau Menjangan Besar Karimunjawa. (istimewa)

 

SEMARANG – Pasca kasus kematian puluhan Hiu, Pulau Menjangan Besar Kepulauan Karimunjawa, dikosongkan. Sebab, penangkaran Hiu di Pulau Menjangan Besar tersebut merupakan kegiatan ilegal.

Kepala Balai Taman Nasional Karimunjawa, Agus Prabowo mengatakan telah menerjunkan sejumlah personel untuk memantau aktivitas Pulau Menjangan Besar di wilayah Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

“Pulau Menjangan Besar harus dikosongkan pasca kasus kematian puluhan hiu yang ditangkarkan di sana. Kami sedang memperketat pengawasan di Pulau Menjangan Besar. Saat ini hanya tinggal penjaga pulau yang masih di sana,” ungkapnya, saat dikontak metrojateng.com, Rabu (20/3/2019).

Agus menegaskan bahwa aktivitas wisata penangkaran hiu di Pulau Menjangan Besar adalah ilegal. Pengelola selama ini tidak mengantongi izin dari kementerian.

“(Penangkaran hiu) itu kegiatan ilegal. Sesuai surat larangan yang saya buat kemarin, kami sudah mengeluarkan larangan supaya tidak boleh ada orang di pulau tersebut. Ya harus dikosongkan,” kata Agus.

Lebih lanjut, Agus mengatakan jika Minarno alias Cun Ming ingin membuka kembali aktivitas wisata di Menjangan Besar, satu-satunya jalan dengan mengurus perlengkapan izin dahulu ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Ia menegaskan kalau kegiatan wisata di Menjangan Besar tidak berizin, maka tidak boleh beroperasi lagi. Penghentian kegiatan operasional wisata hingga batas waktu yang tak ditentukan.

Lebih lanjut, ia mengaku dengan penghentian kegiatan wisata di Menjangan Besar, tidak serta-merta mengurangi daya tarik Karimunjawa sebagai destinasi utama pariwisata bahari.

Di wilayahnya terdapat lima spot wisata andalan untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Mulai jalur hutan manggrove, atraksi selam terumbu karang sampai keindahan panorama pantai di setiap pulaunya. Pulau Menjangan Besar menjadi salah satu dari 27 pulau di Kepulauan Karimunjawa.

“Jadi di tempat kami tidak boleh ada yang dipelihara di dalam karamba. Semua biota harus dilepas liarkan di alam bebas. Lagipula masih banyak wisata di Karimunjawa,” paparnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.