PSIS Takluk di Kandang Bajul Ijo

Posisi Mahesa masih rawan tergusur Madura United, Bali United, dan Persipura yang akan bertanding Minggu (9/12) besok

SURABAYA – PSIS mengakhiri petualangan di Liga 1 2018 dengan kekalahan. Mahesa Jenar takluk 0-1 dari tuan rumah Persebaya dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (8/12/2018). Gol Fandi Eko Utomo di babak kedua memastikan kemenangan Bajul Ijo.

PSIS gagal menutup musim dengan happy ending usai takluk 0-1 dari Persebaya, Sabtu (8/12/2018). Foto: metrojateng.com

Persebaya mampu mengontrol permainan di awal laga. Tiga peluang dihasilkan tuan rumah di 10 menit pertama, diawali dengan free kick Irfan Jaya saat pertandingan berumur tiga menit. Tapi eksekusinya tepat mengarah ke kiper Joko Ribowo.

Peluang terbaik dimiliki David da Silva di menit kelima. Top skor Liga 1 ini berhasil melewati adangan Joko Ribowo dan mengirim bola ke tiang dekat, namun masih tipis di sisi kiri gawang. Dua menit kemudian percobaan da Silva juga bisa ditepis Joko.

PSIS mencoba menekan di menit 14. Komarudin berhasil lolos di sayap kiri dan mengirim umpan ke arah Bruno Silva. Bola lebih cepat dipotong Rachmat Irianto.

Susunan Pemain

Persebaya 4-3-3: Miswar Saputra–M Syaifuddin, Otavio Dutra, Rachmat Irianto, Ruben Sanadi; Fandi Eko Utomo, Misbakus Solikin, Rendi Irwan; Octavianus Fernando, David da Silva, Irfan Jaya

PSIS 4-2-3-1: Joko Ribowo–Gilang Ginarsa, Petar Planic, Haudi Abdillah, Safrudin Tahar; M Yunus, Nerius Alom; Komarudin, Bayu Nugroho, Hari Nur Yulianto; Bruno Silva

 

Persebaya mendapat tiga peluang beruntun melalui Irfan Jaya. Sepakannya di menit 17 bisa dimentahkan Joko Ribowo. Semenit berikutnya, percobaan yang dilepaskan pemain terbaik Liga 2 2017 terlalu mudah buat kiper. Sundulan Irfan di menit 20 meneruskan umpan Ruben Sanadi juga mengarah ke kiper.

Bruno Silva mendapat peluang emas di menit 22. Striker PSIS sudah berhasil masuk ke kotak penalti. Bruno terjatuh saat berusaha mengeksekusi bola, tapi wasit tidak menganggap pelanggaran.

Bajul Ijo kembali menebar ancaman di menit 26. Sepakan jarak jauh yang dilepaskan Fandi Eko Utomo ditepis Joko Ribowo. Mahesa Jenar membalas lewat Hari Nur semenit berikutnya, tapi eksekusinya mudah diamankan Miswar Saputra.

Menit 30, David da Silva kembali membuang peluang emas. Menerima crossing Rendi Irwan, sundulannya melambung di atas mistar.

Peluang terbaik PSIS hadir di menit 42. Kombinasi Komarudin dan Nerius Alom diteruskan kepada Bruno Silva. Sepakan Bruno ke tiang jauh bisa dihalau dengan kaki oleh Miswar.

Babak pertama ditutup dengan tendangan David da Silva yang masih mengarah ke kiper. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Gawang Joko Ribowo akhirnya jebol juga di menit 56. Rendi Irwan berhasil menyusup ke area penalti dan melepaskan sepakan yang masih bisa diblok Joko. Sial, bola rebound langsung disambar Fandi Eko untuk memberi keunggulan Bajul Ijo.

Persebaya berpeluang menggandakan skor di menit 74. David da Silva lagi-lagi gagal menaklukkan Joko Ribowo dalam situasi one on one. Bola masih masih terkena kaki kiper.

Tuan rumah terus berusaha menambah gol. David da Silva dua kali mendapat kans di pengujung laga, tapi tak satupun berujung gol. PSIS menutup musim ini dengan kekalahan 0-1.

Dominasi Persebaya berbuah hasil positif. Anak asuh Djajang Nurjaman melepaskan 20 percobaan, 10 di antaranya on target. Sementara tim tamu hanya sanggup menghasilkan tiga percobaan dan hanya dua yang tepat sasaran.

Kemenangan tersebut membawa Bajul Ijo naik ke peringkat empat dengan poin 50. Sedangkan PSIS tak beranjak dari peringkat 9 dengan perolehan 46 angka. Posisi Mahesa masih rawan tergusur Madura United, Bali United, dan Persipura yang akan bertanding Minggu (9/12) besok.(twy)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.