PSIS Semarang Rekrut Mantan Gelandang Schalke 04 II

Musim lalu Shohei Matsunaga tampil cukup produktif dengan torehan 14 gol. Empat gol diukir bersama Persela Lamongan dan 10 gol saat berkostum PSMS Medan. 

SEMARANG – PSIS Semarang mengakhiri perburuan pemain asing slot Asia dengan mengontrak gelandang Jepang, Shohei Matsunaga. Mantan pemain Schalke 04 II tersebut diharapkan bisa menambah kreativitas lini tengah Mahesa Jenar yang tampil melempem di Piala Presiden.

Shohei Matsunaga resmi diperkenalkan sebagai penggawa PSIS Semarang, Minggu (31/3/2019). Foto: metrojateng.com/tri wuryono

Shohei Matsunaga resmi diperkenalkan sebagai penggawa PSIS di Rinjani View Semarang, Minggu (31/3/2019). Pria 30 tahun itu diikat kontrak berdurasi satu musim kompetisi.

“Kami dari Manajemen PSIS sepakat mengontrak Shohei Matsunaga untuk mengisi slot pemain asing Asia di musim 2019. Dengan bergabungnya Matsunaga maka perburuan pemain asing Asia kami hentikan,” kata CEO PSIS, Yoyok Sukawi.

“Kami punya optimisme yang tinggi dengan bergabungnya Matsunaga karena untuk mengisi kekurangan lini tengah PSIS, terutama pada saat menyerang, distribusi bola dan cetak gol. Kami dan tim pelatih menilai solusi itu ada pada sosok Shohei Matsunaga,” beber Yoyok.

Musim lalu Shohei Matsunaga tampil cukup produktif dengan torehan 14 gol. Empat gol diukir bersama Persela Lamongan dan 10 gol saat berkostum PSMS Medan.

Pemain kelahiran 7 Januari 1989 itu juga bisa diandalkan mencetak gol dari tendangan bebas. Di musim sebelumnya, Bruno Silva menjadi tumpuan PSIS sebagai eksekutor bola mati.

Pengalaman bermain di Indonesia juga jadi nilai plus dari Shohei Matsunaga. “Kami punya pengalaman buruk dengan pemain Asia karena masalah adaptasi. Maka ketika ada peluang merekrut Shohei tidak kami sia-siakan,” Yoyok menegaskan.

Di Liga 1 2018, PSIS dua kali gigit jari karena pemain Asia. Gelandang Kyrgyzstan Akhlidin Israilov dilepas sebelum paruh musim lantaran kualitasnya di bawah standar. Penggantinya, Abou Bakr Al-mel (Lebanon) juga hanya membuat tiga penampilan.

Musim ini sempat ada pemain asal Korea Selatan Cho Chan-ho yang didatangkan. Berlabel mantan pemain Timnas, Chan-ho bahkan hanya bertahan kurang dari sepekan tanpa pernah tampil di laga resmi.

Sementara, Shohei Matsunaga merupakan salah satu pemain asing Asia yang cukup lama beredar di Liga Indonesia. Persib Bandung, Persegres Gresik United, Persiba Balikpapan, Persela dan PSMS adalah klub-klub yang pernah merasakan servisnya.

Dia juga pernah mencicipi atmosfer di Eropa saat memperkuat Schalke 04 II yang bermain di Regionalliga West, kompetisi kasta keempat Liga Jerman musim 2008/2009. Matsunaga mencatatkan 17 penampilan dan mencetak satu gol.

Shohei pun memutuskan berlabuh di PSIS meski ada beberapa tawaran yang masuk dari tim-tim Liga 1. “PSIS yang paling serius. Saya sudah komunikasi cukup lama dan sangat antusias bisa gabung di klub ini,” tukas dia. (twy)

SHOHEI MATSUNAGA

Lahir 7 Januari 1989

Negara Jepang

Karir Klub

2008-2009 Schalke 04 II (RL West Jerman)

2010 Ehime FC (J2 League Jepang)

Liga Indonesia

Persib Bandung, Persegres Gresik, Persiba Balikpapan, Persela Lamongan, PSMS Medan, PSIS Semarang

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.