PSIS Jungkalkan Juku Eja di Makassar

Shopee Liga 1 2019

Sebelumnya PSM selalu memetik kemenangan dalam tujuh penampilan di Stadion Andi Mattalatta.

MAKASSAR – PSIS Semarang menutup paruh pertama kompetisi dengan hasil gemilang di markas PSM Makassar. Gol semata wayang Heru Setyawan memberi kekalahan kandang perdana skuad Juku Eja musim ini.

PSIS sukses memberi kekalahan kandang perdana untuk PSM Makassar. Foto: dok liga-indonesia

PSM Makassar dan PSIS Semarang melakoni laga tunda pekan ke-11 Shopee Liga 1 di Stadion Andi Mattalatta, Rabu (11/9/2019). Pelatih PSIS Bambang Nurdiansyah membuat keputusan berani dengan memberi debut rekrutan anyar, Jonathan Cantillana dan Frendi Saputra yang baru pulih dari cedera panjang.

Tuan rumah lebih menguasai permainan di babak pertama. Namun Willem Jan Pluim cs kesulitan membongkar pertahanan Mahesa Jenar yang bermain cukup disiplin.

Tim tamu justru lebih banyak menghasilkan peluang dibanding Juku Eja. Tercatat ada enam percobaan yang dilepaskan Hari Nur Yulianto dkk dan tiga di antaranya digagalkan kiper Rivky Mokodompit.

Peluang pertama PSIS didapat Jonathan Cantillana melalui sepakan bebas di menit ketiga. Eksekusinya melayang di atas mistar. Berikutnya percobaan Ganjar Mukti di menit 11 yang bisa ditepis Rivky.

Dua menit kemudian, eksekusi free kick Septian David juga dimentahkan kiper PSM. Menit 25 kerja sama Claudir Marini dan Heru Setyawan diakhiri dengan tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola melambung.

Peluang terbaik dimiliki Hari Nur Yulianto di menit 31. Menerima sodoran Jonathan, winger PSIS melepaskan sepakan kaki kiri dan memaksa Rivky Mokodompit melakukan penyelamatan gemilang.

Heru Setyawan kembali menghadirkan ancaman di menit 42. Lagi-lagi eksekusi mantan gelandang Persita Tangerang melambung.

Satu-satunya peluang tuan rumah di babak pertama didapat Zulham Zamrun saat laga berumur tujuh menit. Menerima umpan Beny Wahyudi, Zulham melepaskan tendangan volley namun hanya menerpa mistar.

PSM mengawali babak kedua dengan cukup menjanjikan. Pasukan Darije Kalezic nyaris unggul di menit 47. Amido Balde lolos dari perangkap offside dan tinggal berhadapan dengan Jandia. Tapi bola lebih dulu disergap kiper PSIS.

PSIS membalas di menit 50. Jonathan melepas tendangan keras usai mendapat umpan dari Hari Nur, tapi belum tepat sasaran.

Tim tamu akhirnya mampu memecah kebuntuan di menit 63. Dalam sebuah kemelut di kotak penalti PSM, sapuan Aaron Evans berhasil diblok Hari Nur. Bola mengarah kepada Heru Setyawan dan dengan mudah menaklukkan Rivky Mokodompit.

Wiljan Pluim hampir menyamakan skor di menit 74. Tendangan bebas kapten PSM juga dimentahkan mistar gawang.

Semenit kemudian, Hari Nur mendapat peluang emas. Pemain bernomor 22 itu sudah berhadapan dengan kiper, namun lebih memilih mengoper bola ke arah Septian David. PSIS gagal menambah keunggulan.

Gempuran bertubi-tubi dilancarkan tuan rumah di menit-menit akhir. Amido Balde tercatat melewatkan lima peluang. Tim tamu masih mampu mengancam di menit 85 melalui Septian David dan harus ditepis dengan susah payah oleh Rivky Mokodompit.

Keunggulan PSIS bertahan hingga akhir laga, sekaligus memberi kekalahan pertama Juku Eja di kandang sendiri. Sebelumnya PSM selalu memetik kemenangan dalam tujuh penampilan di Stadion Andi Mattalatta.

Kemenangan ini membawa Mahesa Jenar naik dua peringkat ke posisi 11 dengan poin 19. Selanjutnya Tim Ibukota Jateng akan mengawali putaran kedua di kandang Persija Jakarta, Minggu (15/9) mendatang. (twy)

Susunan Pemain

PSM 4-2-3-1: Rivky Mokodompit–Asnawi Mangkualam, Aaron Evans, Abdul Rahman, Beny Wahyudi; M Arfan, Raphael Maitimo; M Rahmat, Willem Jan Pluim, Zulham Zamrun; Amido Balde

PSIS 4-1-4-1: Jandia Eka Putra–Frendi Saputra, Wallace Costa, Ganjar Mukti, Fredyan Wahyu Sugiantoro; Finky Pasamba; Septian David Maulana, Jonathan Cantillana, Heru Setyawan, Hari Nur Yulianto; Claudir Marini Jr

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.