Proyek Infrastruktur di Magelang Tak Terpengaruh Pelemahan Rupiah

Kontraktor mengklaim sudah belanja material sejak memenangkan tender

MAGELANG – Melemahnya nilai rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, tidak berpengaruh terhadap pengerjaan sejumlah proyek di Kota Magelang. Semua kontraktor sudah belanja material sejak memenangkan tender.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito meninjau proyek perbaikan Jalan Pahlawan, Rabu (5/9/2018). Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

“Semua sudah sesuai dengan spek, tinggal kita dorong agar pembangunan ini selesai tepat waktu,” ujar Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, di sela-sela meninjau sejumlah pengerjaan fisik proyek APBD tahun 2018, Rabu (5/9/2018).

Sigit menegaskan, semua kontraktor yang memenangkan tender proyek dengan biaya APBD 2018, sudah profesional. Sehingga ketika rupiah melemah terhadap dolar AS, proyek tidak menemui masalah berarti.

“Tidak ada masalah, semua berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” katanya.

Sigit juga mengemukakan, dirinya bersama jajaran terkait sengaja melakukan peninjauan lapangan bersama, untuk mengetahui lebih dekat progresnya. “Sehingga tidak hanya mendengar laporan saja, namun saya juga ingin tahu secara langsung,” imbuhnya.

Ia minta agar seluruh proyek bisa selesai tepat waktu pada akhir Desember. Apalagi cuaca saat ini sedang bagus, sehingga tidak ada alasan untuk menunda pekerjaan.

Sementara itu, salah satu kontraktor dari PT Cakra Adhi Guna Prakasa, Andik Purnomo yang mengerjakan proyek kolam renang Sanden mengaku, melemahnya nilai rupiah terhadap dolar AS berpengaruh pada laba yang diperoleh. “Tentu saja berpengaruh, apalagi harga besi terus merangkak naik,” katanya.

Kendati demikian, dirinya masih bersyukur karena sejak memenangkan tender, sudah langsung belanja material. “Jadi masih bersyukur karena sejak menang tender, kami sudah langsung belanja material. Saat rupiah melemah, dampaknya tidak begitu kami rasakan meskipun tetap ada,” ungkapnya.

Sementara itu, beberapa proyek yang ditinjau antara lain, Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (PTST) Bojong, rumah dinas Ketua DPRD Kota Magelang, Jalan Diponegoro, Jalan Pahlawan, Kolam renang Sanden, Lapangan Tenis Sanden, Rusunawa, RSUD Tidar lantai 6 dan 8.(MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.