Proyek Dana Desa Harus Dikerjakan Warga Desa

Menteri Keuangan Sri Mulyani sedang menilik produk usaha kecil yang dijalankan masyarakat. (foto: metrojateng.com/ch kurniawati)

 

MAGELANG – Menteri Keuangan Sri Mulyani melarang proyek yang didanai dana desa dikerjakan oleh kontraktor dari luar desa. Semua proyek harus dikerjakan oleh warga desa sendiri, agar mereka memperoleh manfaat dari dana desa yang digulirkan.

“Dana desa sepenuhnya untuk kemakmuran warga desa. Ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan  masyarakat,” kata Sri Mulyani usai menghadiri Diseminasi Dana Desa di GOR Gemilang Kabupaten Magelang.

Diketahui, dana desa yang digulirkan di tahun 2018 kelak sebesar Rp 60 triliun. Dana  itu digulirkan untuk 74.954 desa. Sebanyak 30 persen dari dana yang digulirkan di setiap desa harus digunakan untuk mempekerjakan masyarakat setempat yang belum memiliki pekerjaan.

“Mulai tahun 2018 mendatang, setiap pembangunan yang di danai dana desa tidak boleh menggunakan kontraktor luar,” ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani minta agar semua proyek yang di desa dilakukan secara transparan. Masyarakat harus mengetahui berapa nilai proyek yang dikerjakan. “Misal membuat saluran air, embung ataupun fasilitas umum lainnya, masyarakat harus tahu berapa nilai proyeknya. Jadi semua transparan,” ucapnya.

Menyinggung soal sumber daya manusia, Sri Mulyani tetap berharap masyarakat didampingi. Pendampingan itu dibutuhkan untuk mengidentifikasi dan melatih warga. “Ibu-ibu juga bisa dipekerjakan,” kata Sri.

Saat ini pihaknya bersama dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Eko Putro Sanjoyo sedang mengajak perusahaan-perusahaan besar untuk ikut serta dalam membangun desa-desa yang masih tertinggal.

Eko Putro menegaskan, agar proyek desa bisa di nikmati orang desa dan untuk mengetaskan kemiskinan. Jika proyek dilaksanakan oleh kontraktor dari luar, maka yang menerima keuntungan adalah orang-orang dari kabupaten/kota, bukan orang desa yang bersangkutan. (MJ-24)

 

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 1 = 5

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.