Protes Galian C, Warga Tunggulsari Nyaris Bentrok

Sempat terjadi aksi dorong antara warga dengan petugas yang mengadang agar tidak ke balai desa.

KENDAL – Ratusan warga Desa Tunggulsari Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal menggelar unjuk rasa menolak galian C, Kamis (9/5/2019). Warga meminta galian C di wilayahnya dihentikan karena melanggar peraturan dan menyebabkan kerusakan lingkungan.

Unjuk rasa menolak Galian C di Desa Tunggulsari Brangsong berlangsung panas. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Ratusan warga ini bersikukuh hendak ke balai desa untuk menyampaikan penolakan terhadap penambangan liar di desanya. Sambil membentangkan spanduk dan poster warga meminta penambangan liar ini ditutup.

Sempat terjadi aksi dorong antara warga dengan petugas yang mengadang agar tidak ke balai desa. Warga tetap ngotot ingin bertemu kepala desa untuk meminta galian C ditutup. Suasana semakin panas karena warga dilarang menyampaikan penolakan langsung ke kepala desa sehingga saling dorong tidak dapat dihindari.

Penolakan warga terhadap penambangan liar di Desa Tunggulsari karena merusak lingkungan dan menyebabkan sedimentasi Sungai Aji semakin parah. Akibatnya jika hujan deras air meluap dan menggenangi pemukiman warga di sepanjang sungai.

“Tidak hanya itu polusi akibat debu penambangan liar menganggu warga khususnya anak-anak sekolah yang bangunan sekolahnya dekat dengan lokasi galian c tersebut,” jelas kordinator aksi Sumardi.

Warga Tunggulsari mendesak agar Galian C di desanya ditutup. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Sementara itu Kepala Desa Tunggulsari Nur Kholis yang ditemui terpisah mengatakan, penambangan liar tersebut sudah ditutup dua hari lalu. ”Awalnya untuk pengembangan permukiman dan baru membuka akses jalan saja. Pihak desa sementara menutup penambangan tersebut menunggu keputusan dari kecamatan dan kabupaten,” jelasnya.

Petugas dari Polsek Brangsong meminta warga untuk membubarkan diri dan menyerahkan kepada perwakilan untuk berdialog dengan pihak desa. Meski sempat bersikukuh tidak mau kembali ke rumah warga akhirnya membubarkan diri. (MJ-01)

Ucapan Lebaran 1440
Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.