Promosikan Potensi Unggulan, Desa Ini Gelar Festival Kambing

Ada 24 kelas yang akan dikonteskan seperti jantan bakalan, bandot, betina bakalan, betina indukan dan lainnya.

BANYUMAS – Warga Desa Dermaji, Kecamatan Lumbir, Banyumas bakal menggelar festival kambing pada Minggu (12/8) mendatang. Acara yang dihelat di Lapangan Grumbul Pangkalan tersebut merupakan salah satu cara mempromosikan potensi unggulan desa setempat.

Kontes Kambing
Kambing menjadi potensi unggulan Desa Dermaji, Kecamatan Lumbir, Banyumas. Foto: metrojateng.com

Kepala Desa Dermaji, Bayu Setyo Nugroho mengatakan, ternak kambing merupakan salah satu potensi unggulan di Desa Dermaji. Hal itu dilihat dari mayoritas kepala keluarga di Desa Dermaji yang membudidayakan kambing.

“Jumlah ternak kambing tiap tahun, bisa mencapai lebih dari 3 ribu ekor. Setiap tahun, sedikitnya 500 ekor kambing pada musim Hari Raya Idul Adha dikirim ke Jakarta. Itu belum termasuk yang dikirim ke kota lain, termasuk untuk memenuhi pasar lokal,” katanya, Kamis (2/8).

Selama ini, hasil ternak warga biasa dijual di sejumlah pasar hewan di wilayah eks Karesidenan Banyumas. Seperti, di Pasar hewan Karangpucung, Kabupaten Cilacap yang lokasinya berdekatan dengan Desa Dermaji.

Dikatakan, festival kambing nantinya juga akan diramaikan dengan berbagai macam acara seperti kontes kambing, saresehan, lomba mewarnai, pagelaran dongeng anak, pameran produk desa, dan pameran ragam ternak kambing.

“Peserta dan pengunjung juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Desa Dermaji, serta bisa menikmati hiburan seni tradisional Desa Dermaji,” imbuhnya.

Lebih lanjut Bayu menjelaskan, untuk kontes kambing akan dibuat dalam dua kategori umum, yaitu kategori peranakan etawa (PE) dan jawa randu. Ada 24 kelas yang akan dikonteskan seperti jantan bakalan, bandot, betina bakalan, betina indukan dan lainnya.

“Nantinya, sasaran dari kontes kambing tentu para peternak yang ada di Desa Dermaji. Para pemenang kontes akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai, piala serta piagam,” pungkasnya. (MJ-27)

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.