Promosi Wisata Magelang, Disporapar Gelar “One Day Tour”

Cara ini juga dinilai efektif untuk mempromosikan obyek wisata dibanding hanya menyebarkan leaflet.

MAGELANG – “Ayo Rawuh Kota Magelang” (Ayo Datang Ke Kota Magelang), teriak para camat dan lurah se-Kota Magelang penuh semangat. Mereka meneriakkan tagline promosi wisata Kota Magelang itu, di atas mobil antik Volkswagen (VW) dalam acara yang dikemas dengan “One day Tour” yang digelar oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Kamis (29/11/2018).

One Day Tour yang diadakan Disporapar Kota Magelang, Kamis (29/11/2018). Foto: metrojateng.com/ch kurniawati

Disporapar sengaja mengajak para pelaku wisata di wilayah Kedu dan juga para camat serta lurah se Kota Magelang. Para pelaku wisata yang mengikuti antara lain PHRi, Genpi, biro wisata, dan sebagainya.

“Kita sengaja ajak para camat dan lurah agar obyek-obyek wisata di Kota Magelang bisa dipromosikan secara lebih luas kepada masyarakat,” kata Sekretaris Disporapar, Aeni Setyawati, di sela-sela kegiatan.

Menurut Eni, panggilan akrabnya, Disporapar selalu berupaya menggunakan berbagai cara untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Kota Sejuta Bunga ini. Salah satunya dengan One Day Tour, sehingga mereka yang turut serta akan bisa menyaksikan secara langsung potensi wisata apa saja yang ada di Kota Magelang.

Cara ini juga dinilai efektif untuk mempromosikan obyek wisata dibanding hanya menyebarkan leaflet. “Karena dengan one day tour, peserta pasti akan foto, yang kemudian diposting di media sosial mereka masing-masing sehingga bisa gethok tular,” katanya.

One Day Tour kali ini didukung juga didukung oleh komunitas pecinta VW. Dimulai dari Museum BPK RI yang menjadi salah satu destinasi unggulan Kota Magelang.

Mereka diajak mengelilingi lapangan Rindam IV Diponegoro. Kemudian menyusuri sepanjang Jalan Ahmad yani, Pemuda, Tidar dan Gatot Subroto menuju ke Museum Abdul Djalil yang ada di Kompleks Akmil.

Para peserta kemudian diajak untuk menikmati kuliner khas Kota Magelang berupa sup senerek di warung Pak Parto yang ada di lembah Gunung Tidar. Kemudian menuju ke Kebun Bibit Senopati, serta menikmati pesona Alun-alun Magelang yang tertata indah, dengan kuliner di PKL Tuin Van Java.

Eni mengungkapkan, berwisata dalam tempo sehari ini juga sebagai upaya memperkuat jaringan promosi pariwisata baik di lokal Magelang maupun wilayah Kedu. Bahkan, berjejaring juga dengan pelaku pariwisata di Jawa Tengah.

Menurutnya, berjejaring ini penting untuk promosi wisata dengan tujuan mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan. “Dengan event-event seperti ini kita bisa meningkatkan kunjungan wisatawan, di samping pula daya tarik objek wisata itu sendiri,” katanya.

Wakil Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Jawa Tengah, Ari Martanto juga turut menyambut baik one day tour ini. Ia yang mewakili ketua ini memiliki kesempatan untuk mendapatkan referensi destinasi unggulan di Kota Magelang. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.