Program Rumah Murah Diluncurkan di Kendal

Harga rumah subsidi ini Rp 38 juta dan angsurannya sangat murah hanya Rp 500 ribu per bulan

KENDAL – Pemerintah akan membangun 100 rumah murah di Kabupaten Kendal untuk memenuhi kebutuhan perumahan bagi warga dengan penghasilan tidak tetap. Rumah-rumah tersebut rencananya didirikan di tiap desa.

Peletakan batu pertama program rumah murah di Desa Curug Sewu Patean Kendal, Kamis (27/9/2018). Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Program rumah murah untuk warga berpenghasilan tidak tetap ini merupakan kerja sama antara kalangan akademisi, pemerintah daerah, perbankan dan komunitas.

Direktur Utama Bank BTN, Maryono mengatakan, harga rumah subsidi ini Rp 38 juta dan angsurannya sangat murah hanya Rp 500 ribu per bulan, dengan jangka waktu dipersingkat hanya 10 tahun.

“Pembiayaan rumah murah ini merupakan kelanjutkan program satu juta rumah dari pemerintah pusat dan Kendal sebagai pilot project program rumah untuk warga berpenghasilan tidak tetap,” ujar Maryono usai melakukan peletakan batu pertama di Desa Curug Sewu Patean Kendal Kamis (27/9/2018).

“Program rumah murah ini nantinya akan diselaraskan dengan program di daerah. Seperti Kendal yang menyiapkan program 100 rumah murah di setiap desa nantinya akan diselaraskan dengan program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” imbuh Maryono.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kendal Mirna Annisa mengapresiasi program rumah murah yang ditujukan untuk warga dengan penghasilan tidak tetap. “Pemerintah Kendal sendiri mendorong program pemerintah pusat bisa diselaraskan dengan rencana 100 rumah satu desa,” jelasnya.

Untuk pilot project pertama ada 63 rumah yang sudah disiapkan bagi warga dengan penghasilan tidak tetap. Dengan luas tanah 60 meter persegi ini, sertifikat sudah dipecah atas nama masing-masing penerima. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.