Produk UKM Jateng Dipasarkan di Bandara Ahmad Yani

Galeri UKM ini sudah dibuka sejak minggu lalu dan animo masyarakat untuk berbelanja cukup tinggi. Setiap hari ada transaksi dengan omzet mencapai lebih dari Rp 1 juta. 

SEMARANG – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Galeri UKM Jawa Tengah di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Selasa (5/3/2019). Dibukanya fasilitas tersebut untuk mendukung pemasaran produk UKM dari Jawa Tengah.

Berbagai produk usaha kecil menengah (UKM) dipasarkan di Galeri UKM Jawa Tengah yang berada di dekat pintu kedatangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Selasa (5/3/2019). Foto: metrojateng.com/dok Istimewa

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng, Ema Rachmawati mengatakan, pihaknya memilih bandara untuk mengenalkan produk UKM karena tempat tersebut adalah pintu keluar masuk bagi masyarakat, khususnya para pendatang yang datang ke Jateng.

“Sehingga, dengan adanya Galeri UKM di bandara ini, masyarakat yang singgah dan butuh oleh-oleh dari Jateng bisa membeli disini,” ungkapnya di sela pembukaan.

Ada berbagai produk di antaranya, fashion, kerajinan tangan, makanan dan minuman yang dijual di Galeri UKM.

“Di sini kami melibatkan 60 pelaku UKM dengan total sekitar 700 produk. Adapun, untuk bisa masuk ke Galeri UKM, kami melakukan seleksi dan kurasi terhadap produk yang akan dijual,” tuturnya.

Seleksi yang dilakukan Dinkop dan UKM meliputi, kualitas produk, memiliki kemasan yang menarik, dan lainnya.

Ema menyampaikan, pihaknya masih membuka kesempatan kepada pelaku UKM lain yang ingin produknya dipasarkan di Galeri UKM yang berada di pintu kedatangan bandara itu.

“Pastikan, jika ingin pasar produknya lebih luas, pelaku UKM harus memperbaiki kualitas produk dan kemasan. Agar tidak kalah dengan produk pabrikan,” katanya.

Diketahui, Galeri UKM ini sudah dibuka sejak minggu lalu dan animo masyarakat untuk berbelanja cukup tinggi. Setiap hari ada transaksi dengan omzet mencapai lebih dari Rp 1 juta.

Sementara itu, untuk memperluas pasar produk UKM, Dinkop dan UKM tengah menggarap keberadaan Galeri UKM di sepanjang rest area tol dari Brebes hingga Sragen.

“Ada 30 titik yang sedang kami siapkan untuk memasarkan produk UKM Jateng,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta jajaran turut meresmikan Galeri UKM Jateng.

“Saya berharap ruang kecil yang menarik ini dapat menampilkan dan mengenalkan karya masyarakat Jateng. Sebab, saya lihat produknya bagus-bagus, harapannya bisa diborong oleh siapapun yang datang ke Jateng,” Ganjar. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.