Produk Lokal Jateng Didorong ke Pasar Internasional

Gubernur Ganjar berjanji akan terus mengawal produk dalam negeri sampai bisa bersaing di pasar. 

SRAGEN – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginginkan agar kepala daerah melakukan politik industri untuk mendukung beragam produk kreasi dan inovasi yang dilakukan anak bangsa.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengunjungi Pameran Produk Inovasi Jawa Tengah 2018 di Sasana Manggala Sukowati Sragen, Jumat (21/9/2018). Foto: metrojateng.com

Namun di sisi lain dia gelisah terkait eksistensi produk tersebut. “Ketika mobil listrik, motor listrik hasil karya sudah jadi dan itu karya anak bangsa, kita mau makai atau tidak?” kata Ganjar saat membuka Pameran Produk Inovasi Jawa Tengah 2018 di Sasana Manggala Sukowati Sragen, Jumat (21/9/2018).

Puluhan hasil kreasi warga Jawa Tengah ditampilkan dalam pameran tersebut. Di antaranya peralatan dapur, pertanian, peternakan, kendaraan sampai alat pengolah air rob.

Ganjar juga mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan produk dalam negeri. Ia berjanji akan terus mengawal sampai menjadi produk yang bisa bersaing di pasar.

“Saya ingin teman-teman yang tadi juara kita fasilitasi sampai jadi produk yang punya nilai ekonomi bagus, yang marketable,” katanya.

Sementara itu, salah satu peserta pameran, Danandjaja dan Aura Herdi menampilkan alat pengubah air rob menjadi air layak pakai. Alat ini mampu memproduksi air hingga 480 liter per hari. 

“Proses pencarian dan penciptaan alat ini kami butuh waktu 6-7 bulan. Biayanya cuma Rp 563 ribu,” kata Danandjaja yang masih berstatus siswa SMA 4 Semarang. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.