Prihatin Kerusakan Hutan Gunung Prau, GP Ansor Tanam Ratusan Pohon

GP Ansor Kendal bersama GP Ansor Temanggung, Wonosobo, Batang dan Magelang menanam lebih dari ratusan pohon dalam gerakan penghijauan di Gunung Prau, Minggu (12/3)
?
 

KENDAL – Bencana alam banjir bandang yang menerjang Dusun Kenjuran Desa Purwosari Kecamatan Sukorejo beberapa waktu lalu diakibatkan karena kondisi hutan di lereng Gunung Prau yang gundul. Penanaman pohon yang salah juga membuat daerah aliran sungai terganggu longsoran tanah sehingga terjadi banjir bandang.

Melihat kondisi ini Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Kendal ikut prihatin dan perlu dilakukan langkah antisipasi agar bencana serupa tidak lagi terjadi. Melalui gerakan penghijauan lereng Gunung Prau Minggu (12/03) GP Ansor Kendal bersama GP Ansor Temanggung, Wonosobo, Batang dan Magelang menanam lebih dari ratusan pohon.

Ketua GP Ansor Kendal, Muhammad Ulil Amri mengatakan, aksi penanaman ini sebagai langkah menjaga lingkungan, kerena  sering dijumpai beberapa musibah yang terjadi seperti banjir dan tanah longsor.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian acara peringatan harlah GP Ansor yang ke 83 tahun.  Ansor sebagai Ormas di bawah naungan NU memiliki tanggung jawab terhadap keberlangsungan hidup dan ekosistem dibumi ini, karena kita melihat bahwa selain bicara ideologi kebangsaan dan keagaman Ansor juga berkewajibanmenjaga lingkungan hidup,” jelasnya.

Sementara itu Sekretaris GP Ansor Misbahul Munir mengatakan, dengan terbentuknya Banser Tanggap Bencana (Bagana) senantiasa mengabdikan diri untuk menjaga lingkungan hidup dan bakti kepada negeri.

“Kami memilih lokasi di desa kenjuran Purwosari Kecamatan Sukorejo karena memang wilayah hutan yang menjadi kawasan KPH Kedu Utara ini sangat memprihatinkan dengan kondisi tanah dan keadaan hutan yang kian terkikis. Ini terbukti telah terjadi longsor dititik yang telah direncanakan akan kami tanami,” katanya.

Pengurus Cabang GP Ansor Kendal merangkul beberapa komunitas pecinta alam,Boja Peduli dan elemen masyarakat untuk bersama-sama ikut andil dalam acara ini.  “Harapan kami  kelestarian alam, sumber mata air dan kesuburan tanah negeri kita bisa wariskan kepada generasi mendatang,” imbuh Munir.

Aksi menanam ini diikuti pasukan Bagana, Colodete rescue, Kejajar, Garung, Sukoharjo serta Pengurus Cabang GP Ansor Wonosobo, Temanggung, Batang dan Magelang. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

30 − = 29

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.