Pramuka Siap Tangkal Ancaman Narkoba

Selain berkegiatan kepanduan, para pramuka penggalang diharapkan juga mempunyai mental spiritual yang baik.

KENDAL – Bahaya penyalahgunaan narkoba sudah menjadi ancaman bagi generasi muda. Hal ini yang ditekankan gerakan Pramuka Kecamatan Kangkung Kendal. Dalam Perkemahan Lomba Tingkat II dan Jambore  Ranting tahun 2019 di lapangan Desa Kadilangu, pemahaman tentang bahaya narkoba ditingkatkan.

Perkemahan Lomba Tingkat II dan Jambore Ranting tahun 2019 di Lapangan Desa Kadilangu, Kecamatan Kangkung, Kendal. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

“Perkemahan dan Jambore ranting ini selain untuk memperingati Hari Pramuka juga dimaksudkan untuk senantiasa menyegarkan semangat para pandu muda di Kangkung agar melestarikan nilai-nilai luhur yang ada di gerakan Kepanduan  yang meliputi cinta tanah air dan bangsa, bijaksana serta peduli terhadap sesama dalam kebersamaan , istilahnya Ikhlas Bhakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana,” jelas Ketua Majelis Pembina Ranting Sugeng Riyadi.

Jambore diikuti oleh seluruh gugus depan pangkalan SD/MI dan SLTP. Sebanyak 43 kontingen putra dan 43 kontingen putri pramuka tingkat Penggalang menjalani serangkaian kegiatan seperti berkemah,  pioneering, baris-berbaris, outbound, memasak, peta buta, panorama, teknik kepramukaan, hiking dan api unggun.

“Kami juga mengajak para pramuka untuk melakukan kegiatan keagamaan seperti salat berjamaah, diskusi dan ceramah mengenai bahaya narkoba dan miras dengan narasumber tokoh agama dan ahli dari kepolisian,” tegas Ketua Kwartir Pramuka Ranting Kangkung, Yudi Nuryanto.

Selain berkegiatan kepanduan, para pramuka penggalang diharapkan juga mempunyai mental spiritual yang baik dan punya bekal menghadapi tantangan zaman termasuk di antaranya menghindari serta menjauhi pengaruh narkoba yang mulai merebak. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.