PPN Pembelian Rumah maksimal Rp 2 Miliar Ditanggung Pemerintah

Pengembang Optimis Penjualan Property Akan Meningkat

­

Antusias- Konsumen bersemangat menanyakan harga rumah di pameran Property Expo ke-3 yang digelar di Paragon Mal, 5-16 Maret 2021.( tya)

 

SEMARANG, METROJATENG.COM – Pengembang perumahan kembali bersemangat dengan adanya insentif pemerintah yang menanggung PPN 100% untuk pembelian rumah tapak dan Rumah Susun dengan harga maksimal Rp2 miliar. Sedangkan untuk harga diatas Rp 2 miliar dikenakan PPN 50%.

Insentif ini berlaku selama 6 bulan , sejak Maret-Agustus 2021.Adanya keputusan ini DPD Rei Jateng menyambut baik insentif tersebut, karena diharapkan dengan adanya PPN nol, akan menggairahkan pasar property yang lesu akibat pandemi.

” Kami berharap penjualan rumah akan membaik, dan mengalami peningkatan. Bahkan dalam 6 bulan ini merupakan waktu yang tepat untuk membeli rumah, karena harga dipastikan turun 10%, karena tidak adanya PPN,” jelas Dibya K Hidayat , ketua panitia pameran Property Expo Semarang.

Dijelaskan dalam pemberian insentif ini konsumen lebih diuntungkan. Pasalnya dengan tidak adanya PPN 10 %, harga rumah akan lebih ringan, karena untuk pembelian rumah, PPN  biasanya dibebankan kepada konsumen. Dicontohkan Dibya,untuk pembelian rumah seharga Rp 2 miliar konsumen akan dibebani Ppn 10 %, atau Rp 200 juta, ini tentunya akan meringankan konsumen.

“harga rumah, sebenarnya tetap,namun karena tidak dibebani PPN , harganya menjadi lebih ringan” tutur Dibya yang jugaWakil Ketua Bidang Promosi, Humas dan Publikasi DPD REI Jateng.

Adanya insentif ini Dibya  yakin.konsumen akan lebih  tertarik membeli dengan PPN nol  persen, ketimbang diskon DP 10%.

“Insentif yang ditunggu tunggu pengembang akhirnya datang juga walau hanya 6 bulan, namun tetap membawa angin segar bagi bisnis property. Selain itu konsumen juga mendapat keuntungan berlipat, jadi saat ini waktu yang tepat untuk membeli rumah,” tambahnya.

Semangat pengembang ini terlihat , dari antusias pengembang untuk mengikuti Pameran Property Expo yang digelar di Paragon Mall 5-16 Maret mendatang. Pameran yang sebelumnya anya diikiuti 4 pengembang, pada pameran kali ini diikuti oleh 8 pengembang.

“Kebijakan pemerintah langsung mendorong teman-teman pengembang untuk memacu penjualan dengan mengikuti event pameran seperti Property Expo Semarang ini,” jelasnya.

Adapun pameran Property Expo Semarang kali ini digelar di atrium mal Paragon Semarang dari 5 – 16 Maret 2021, dan ikuti oleh delapan pengembang ternama di Jawa Tengah.

“Kami berharap dengan insentif ini akan mampu meningkatkan penjualan rumah pada pameran Property Expo ke-3,” ungkapnya. (tya)

 

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.