PPDB Zonasi, 39 Siswa Semarang ‘Terlempar’ ke Wonogiri

Sudah ada tiga orang tua yang melakukan pengaduan bahwa anaknya terlempar sampai SMA di Wonogiri.

SEMARANG – Sejumlah orang tua siswa mempertanyakan sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019. Hal ini dilatarbelakangi oleh terlemparnya anak mereka ke SMAN 1 Purwantoro, Kabupaten Wonogiri. Padahal mereka merupakan warga Semarang dan merasa tidak pernah mendaftarkan diri ke SMAN 1 Purwantoro Wonogiri.

Gubernur Ganjar Pranowo melakukan sidak pelaksanaan PPDB di Solo, Jumat (28/6/2019). Foto: metrojateng.com

Salah satu orang tua yang mengeluhkan kekacauan sistem ini, Meita Sari mengatakan jarak zonasi ini tidak masuk akal. Terlebih lagi, orang tua yang mendaftarkan anaknya ke SMAN 4 Semarang ini merasa tidak sendiri.

“Tidak hanya anak saya. Ada 39 anak yang memilih SMAN 4 Semarang dan tersisih, tapi dalam sistem dilimpahkan ke SMAN 1 Purwantoro Wonogiri,” keluhnya, Jumat (5/7/2019).

Meita mempertanyakan, sistem zonasi pendaftaran PPDB harusnya mengakomodasi sekolah terdekat lainnya. Dari empat SMA di Semarang yang didaftar tak satu pun nama anaknya tertera.

“Jarak kelurahan dengan SMA 4 hanya 0,8 KM, pilihan kedua SMA 9 jarak 1,5 KM, SMA 1 dan SMA 3 jarak 4 KM, tapi tiba-tiba sistem langsung memasukkan ke Wonogiri,” ungkapnya.

Saat ini, dia mengaku tidak akan melakukan daftar ulang untuk SMAN 1 Purwantoro Wonogiri. Dia lebih memilih mendaftarkan anaknya di sekolah swasta.

Orang tua siswa lainnya juga merasa heran, mempertanyakan terlemparnya puluhan siswa ke SMAN 1 Purwantoro Wonogiri. Dia berharap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah bisa merevisi jarak pada sistem zonasi tersebut. Dia tidak ingin siswa menjadi korban kekacauan sistem ini.

Sementara itu, operator admnistrasi PPDB SMAN 4 Semarang, Eko Sarwadi mengatakan hanya bisa menampung pengaduan orang tua siswa. Sudah ada tiga orang tua yang melakukan pengaduan bahwa anaknya terlempar sampai SMA di Wonogiri. Persoalan tersebut sudah disampaikan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng. (ade)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.