PPDB Tuntas, 42 Siswa Miskin Diterima di SMA 1 Semarang

SEMARANG – Sebanyak 42 siswa miskin dinyatakan lolos seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) di SMA Negeri 1 Semarang (SMANSA). Fakta tersebut terungkap setelah tahapan PPDB SMA/SMK sederajat rampung dilakukan oleh Disdikbud Jawa Tengah per pukul 23.55 WIB dini hari kemarin.

SMA Negeri 1 Semarang
Foto: metrojateng.com/dok

Dari 700 pendaftar, menurut Kepala SMANSA Endang Suyatmi, terdapat 432 siswa yang diterima oleh sekolahnya. Bahkan, 42 anak miskin juga lolos seleksi sehingga bisa bersekolah di SMANSA.

“42 diantaranya adalah siswa tidak mampu dan melampirkan SKTM,” tegas Endang, Kamis (12/7).

Ia mengaku sudah jauh-jauh hari memverifikasi data-data siswa miskin yang mendaftar ke sekolahnya. Jumlahnya di tahun ini memang sedikit.

Hasil investigasi yang dikerjakan pihaknya, tidak menemukan kejanggalan sama sekali. Satu kecurigaan pun sirna setelah mendapati seorang pendaftar dari SMP 13 ternyata berasal dari golongan warga kurang mampu.

Sedangkan, Gatot Bambang Hastowo, Kepala Disdikbud Jawa Tengah mengklaim pengumumanbPPDB online 2018 sempat ditunda karena banyak para calon siswa mendaftar menggunakan SKTM.

Setelah dinyatakan diterima di sekolah negeri, ia meminta kepada calon siswa lekas melakukan daftar ulang.

Gatot mengungkapkan, dalam proses daftar ulang tersebut selain diminta melampirkan dokumen pendukung, calon siswa juga harus membuat surat pernyataan kembali. Yaitu bersedia dikembalikan kepada orang tua jika di kemudian hari Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dilampirkan tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

20 − = 12

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.