Polri Tetapkan 265 Tersangka Pembakar Hutan Sumatera dan Kalimantan

MAGELANG – Sebanyak 265 orang ditetapkan sebagai tersangka pembakar lahan hutan di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Para tersangka saat ini sedang disidik dan dalam waktu dekat, kasusnya akan dinaikkan ke Kejaksaan.”Namun dari para tersangka sudah ada yang kita naikkan ke kejaksaan ada juga yang masih dalam proses sidik,” kata Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jendral Badrodin Haiti usai megikuti wisuda Prajurit Bhayangkara Taruna (Prabhatar) 2015 di Akademi Militer Magelang, Selasa (3/11).
Kapolri mengatakan, para pelaku ini juga sudah ada yang memasuki tahap I dan ada sebagian yang berkasnya sudah lengkap atau P21.Jumlah tersangka kemungkinan besar bisa bertambah seiring dengan kondisi kebakaran yang belum juga berhenti dari bumi Indonesia.”Kemungkinan besar bertambah karena kebakaran masih juga belum padam sampai sekarang,” katanya.
Kapolri juga menyebut bahwa sebagian tersangka bertindak sebagai perorangan. “Tapi ada juga pelaku pembakaran hutan adalah pengusaha kelas kakap. Rata-rata adalah pengusaha sawit,” terangnya.
Perusahaan pembakar tidak hanya dari dalam negeri saja, namun juga merupakan perusahaan asing. Untuk pembakar perorangan kemungkinan juga dikendalikan oleh perusahaan.
Disisi lain, Kapolri bungkam saat ditanya siapa pemilik lahan berinisial JK yang akhir-akhir ini ramai diberitakan media. Ia justru balik bertanya kepada wartawan. “JK itu siapa? saya tidak baca media jadi saya tidak tahu,” katanya. (MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

16 + = 20

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.