Polres Sukoharjo Belum Siap Terapkan Tilang Elektronik

Sejauh ini hanya ada beberapa CCTV saja yang memiliki kualitas gambar yang bagus.

SUKOHARJO – Satlantas Polres Sukoharjo belum siap menerapkan sistem tilang elektronik atau e-Tilang. Kualitas CCTV jadi kendala dan mendesak untuk dibenahi.

Kasat Lantas Polres Sukoharjo AKP Zamroni. Foto: metrojateng.com

Kasat Lantas Polres Sukoharjo AKP Zamroni mengaku alat untuk memberlakukan e-Tilang di wilayahnya belum siap. Hal itu lantaran CCTV yang mereka punya belum bisa bekerja secara maksimal.

“CCTV yang kami punya kalau di zoom masih blur, jadi kita belum bisa menerapkan itu,” katanya, Senin (18/2/2019).

Ditambahkan, di Sukoharjo terdapat 23 CCTV yang tersebar di beberapa titik yang saat ini dikelola oleh Dinas Perhubungan. Sejauh ini hanya ada beberapa CCTV saja yang memiliki kualitas gambar yang bagus.

“e-Tilang ini butuh kerja sama dan koordinasi dari berbagai pihak, tidak bisa mengandalkan satu pihak saja, kami masih terus melakukan koordinasi itu,” tegasnya.

Selain masalah teknis, pihaknya juga sedang mengkaji beberapa pertimbangan non teknis. Dengan sistem e-Tilang, menurut Zamroni akan lebih efektif dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya ketertiban berlalu lintas.

“Karena setiap pelanggaran pasti akan terekam CCTV, dan pelanggar tidak bisa mengelak karena kesalahannya sudah terekam,” tandas dia. (MJ-28)

Anda mungkin juga berminat

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.