Polres Jepara Petakan Daerah Rawan Konflik dan Kejahatan saat Lebaran

image
Kapolres Jepara AKBP Fajar Budiyanto (kiri) mengecek kesiapan mobil patroli usai apel pasukan Operasi Ketupat Candi. (Metro Jateng/Rhobi Shani)

JEPARA – Aparat kepolisian Polres Jepara memasuki musim lebaran tahun ini mulai memetakan daerah rawan konflik dan kejahatan. Sejumlah langkah antisipatif telah dilakukan untuk mencegah terjadinya gesekan antar warga. Seperti diketahui, setiap musim lebaran, gesekan antar warga sering terjadi di wilayah Kecamatan Nalumsari yang dipicu oleh tontonan musik dangdut.

Kapolres Jepara AKBP Fajar Budiyanto menyampaikan, jauh-jauh hari jajarannya sudah melakukan upaya pembinaan terhadap masyarakat setempat yang sering gesekan. Pihaknya juga menggandeng aparat TNI untuk menciptakan suasana kondusif di masyarakat.

“Selain itu kami akan intensifkan patroli-patroli di lokasi yang rawan terjadi gesekan, serta akan kami dirikan pos pengamanan disana,” ujar Fajar usai apel pasukan Operasi Ketupat Candi 2015 di alun-alun Jepara, Kamis (09/7).

Berkait dengan pentas musik dangdut yang sering menjadi pemicu perkelahian antar warga, Fajar melanjutkan, pihaknya belum dapat memutuskan apakah pentas musik dangdut dilarang di wilayah Kecamatan Nalumsari atau tdak. Hingga saat ini, jajarannya masih melakukan pemantauan di lapangan berkait dengan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi jika ada pertunjukan musik dangdut.

“Kalau nanti di sana (Nalumsari, red) jika ada pentas musik dangdut bisa kondusif, ya, silakan boleh-boleh saja namanya juga berkegiatan. Tapi tentu dengan penjagaan yang ditingkatkan,” terang Fajar.

Tidak menutup kemungkinan, Fajar melanjutkan, saat pertunjukan musik dangdut selain melibatkan TNI dalam pengamanan, juga akan melibatkan Brimob.

“Terutama kegiatan-kegiatan yang dapat menimbulkan kerawanan keributan,” tutup Fajar. (Oby)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

21 − 19 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.