Polres Jepara Musnahkan 800 Ribu Petasan Hasil Razia

image

JEPARA – Sedikitnya 800 ribu butir petasan dari berbagai ukuran dimusnahkan Polres Jepara, Jawa Tengah. Petasan tersebut didapat dari hasil operasi penyakit masyarakat (Pekat) selama dua pekan, mulai 31 Mei hingga 13 Juli 2016.

Kapolres Jepara AKBP Samsu Arifin menyampaikan, petasan tersebut berhasil diamankan dari sejumlah pedagang di petasan di pasar-pasar tradisional. Saat dilakukan razia, para pedagang baru saja menerima pasokan petasan dari luar daerah Jepara.

“Petasan-petasan ini dipasok dari luar. Seperti Purwodadi dan Indramayu Jawa Barat,” ujar Samsu, Kamis (30/6/2016).

Lebih lanjut Samsu menyatakan, jelang lebaran seperti saat ini, jajarannya akan diintensifkan untuk terus melakukan operasi petasan. Pasalnya, selaian mengganggu ketertiban umum, juga membahayakan masyarakat.

Ratusan ribu petasan itu dimusnahkan dengan cara dibakar pada dua kubangan tanah. Tak pelak, suara ledakan yang dihasilkan petasan cukup lama. Hampir 30 menit suara ledekan petasan baru redam.

Selain memusnahkan petasan, bertempat di halaman belakang Mapolres Jepara, minuman beralkhohol (minol) ratusan botol dan ribuan liter minol oplosan juga dimusnahkan.

Bupati Jepara Ahmad Marzuqi menyampaikan, peredaran minol di Bumi Kartini sudah mengkhawatirkan. Pasalnya, minuman memabukkan ini kini banyak dikonsumsi anak-anak usia remaja.

“Minuman beralkhohol ini harus diberantas peredarannya, karena dampak negatifnya tidak hanya saat ini, tapi sampai pada waktu yang akan datang. Karena sekarang sudah sampai anak-anak muda,” ujar Marzuqi. (Oby)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

18 + = 22

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.