Polres Brebes Gagalkan Penyelundupan Kayu Perhutani

Selain mengamankan 118 batang kayu jenis Sonokeling, petugas juga tengah memburu pelaku utama yang telah dikantongi identitasnya.

BREBES – Ratusan potong batang kayu ilegal berhasil diamankan jajaran Satreskrim Polres Brebes saat akan diselundupkan ke Banjarnegara. Dari upaya penyelundupan kayu tersebut, petugas mengamankan dua pelaku yang merupakan sopir dan kernet truk.

Kasat Reskrim Polres Brebes, AKP Tri Agung menunjukkan barang bukti 118 batang kayu sonokeling. Foto : metrojateng.com/ adithya

Keduanya yakni Wandi Safangat, warga Banyumas yang merupakan sopir truk dan Dede Irawan warga Bumiayu, Kabupaten Brebes. Mereka ditangkap di Jalan Raya Paguyangan, setelah petugas Unit Tipiter Satreskrim Polres Brebes menerima laporan warga.

Salah satu pelaku Wandi mengaku, dirinya hanya disuruh mengantarkan kayu oleh rekannya dengan upah sebesar Rp1,5 juta. Atas dasar pertemanan, dirinya tak mengetahui jika kayu yang diantarnya tersebut merupakan kayu ilegal milik Perhutani.

“Saya nggak tahu itu ilegal. Orang saya cuma diminta tolong teman untuk mengantarkan ke Banjarnegara dengan upah 1,5 juta,” kata Wandi saat gelar perkara di Mapolres Brebes, Kamis (17/10/2019).

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Brebes, AKP Tri Agung mengatakan, kedua tersangka menjadi target operasi berdasarkan laporan warga. Dimana keduanya dilaporkan membawa kayu milik Perhutani jenis Sonokeling tanpa dilengkapi dokumen resmi.

Selain mengamankan 118 batang kayu jenis Sonokeling, petugas juga tengah memburu pelaku utama yang telah dikantongi identitasnya. Sementara untuk kedua pelaku yang diamankan saat ini terancam kurungan hingga lima tahun penjara.

“Pelaku utamanya sudah kami kantongi identitasnya. Doakan, rekan-rekan, semoga dalam waktu dekat bisa terungkap,” tutupnya. (MJ-10)

 

Tidak bisa berkomentar. Sudah ditutup.